Polisi Gagalkan Sindikat Pencurian Mobil Antar Provinsi

Kriminal Aceh Selatan

254
Kapolres Aceh Selatan AKBP. Dedy Sadsono di dampingi Kasat Reskrim IPTU. Irwansyah memperlihatkan barang bukti hasil pencurian mobil.

TAPAKTUAN,DILIPUTNEWS.COM – Petugas Satreskrim Polres Aceh selatan berhasil menangkap empat pelaku yang diduga sebagai sindikit pencurian kendaran bermotor yang kerap beraksi lintas provinsi, dua diantaranya terpaksa di tembak kerena berusaha melawan petugas saat hendak di tangkap.

“Pelaku dilumpuhkan karena berusaha melawan petugas saat hendak di tangkap, ke empat pelaku ini berinisial AI 17 Tahun, FS 23 Tahun, DA 20 Tahun, dan SJ 40 Tahun, para pelaku ini merupakan warga Medan Sumatra Utara,” Kata Kapolres Aceh Selatan, AKBP.Dedy Sadsono,ST , Jumat (7/12/2018).

Kapolres menjelaskan, dalam penangkapan pelaku petugas sempat melakukan kejar – kejaran dengan tersangka yang mencoba melarikan diri dengan mengunakan mobil.

“Dari tangan tersangka Polisi berhasil mengamankan satu unit Mobil Minibus dari hasil kejahatan satu unit Mobil Toyota Rush yang dirental pelaku untuk melancarkan aksinya satu buah kuci leter-T satu buah kunci stop kontak,” ungkap Dedy Sadsono.

Modus pelaku, beber Dedy Sadsono, dengan cara merusak kunci pintu mobil yang terparkir dirumah korban dengan menggunakan kunci leter – T dan selanjutnya menggantikan skring stater lama dengan skring starter yang sudah khusus disiapkan.

“Ke empat pelaku rencananya mobil yang dicuri tersangka akan di jual di wilayayh Medan Sumatra Utara dengan harga Rp.15 juta rupiah,” katanya.

Tak hanya itu, pelaku kerab melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat di beberapa wilayah di Sumatera Utara dan Aceh dalam aksinya, ke empat pelaku mempunyai tugas masing – masing mulai dari mencari sasaran hingga menjual hasil curian.

Kini ke empat pelaku mendekam di tahana Mapolres Aceh Selatan, atas perbuatanya tersangka diancam dengan pasal 362 Jo pasal 363 Ayat 5 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.(red/Fan)