Pembangun Jembatan Lhok Puntoy Diharapkan Cepat Rampung

17
Jembatan rangka baja Lhok Puntoy-Suka Damai, Abdya sedang dalam proses pengerjaan dengan progres 80 persen. Dalam waktu dekat jembatan harapan masyarakat itu akan bisa digunakan sebagaimana mestinya, Kamis (8/11).

BLANGPIDIE,DILIPUTNEWS.COM – Masyarakat yang bermukim di kawasan Desa Lhok Puntoy Kecamatan Manggeng dan Desa Paya Itek Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berharap proses pembangunan jembatan rangka baja yang menjadi penghubung ke dua desa tersebut dapat selesai sesuai target. Dimana, kehadiran jembatan rangka baja dimaksud memang sangat dinantikan oleh masyarakat setempat yang umumnya merupakan petani dan pekebun.

Jaruslim petani di kawasan setempat Kamis (8/11) mengaku sangat senang dengan adanya pembangunan kembali jembatan tersebut. Dimana sebelumnya, kondisi jembatan di atas daerah aliran sungai (DAS) Krueng Manggeng itu telah patah pasca dihantam banjir luapan, sehingga menyulitkan warga untuk melintasi jembatan.

Jembatan dengan panjang lebih kurang 50 meter itu sering digunakan oleh warga untuk beraktivitas ke areal perkebunan atau dari Suka Damai menuju pusat perbelajaan di Kecamatan Manggeng. Berbagai macam hasil komuditas perkebunan dihasilkan dari wilayah tersebut untuk dijual ke pusat kota.

Pembangunan jembatan itu memang tengah dikerjakan oleh pihak rekanan, namun demikian sejumlah warga merasa khawatir kalau jembatan tersebut tidak siap karena sudah mendekati penghujung tahun.

“Dulu, jauh sebelum jembatan ini rusak, banyak truk yang hilir mudik mengangkut hasil ke kebun untuk dibawa ke luar daerah. Kalau kali ini tidak bisa, karena jembatan sedang diperbaiki,” ungkapnya.

Irfan salah seorang pengendara juga berharap perbaikan jembatan yang menggunakan rangka baja itu bisa selesai dalam tahun ini. Sehingga diawal tahun 2019 nanti, sudah bisa dilintasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jembatan beton ini sudah lama rusak, namun warga masih berani melintasi walau dalam kondisi patah akibat dihantam banjir.

Saat ini warga hanya bisa melalui jembatan darurat sementara yang dibangun untuk kelancaran proses penyeberangan. Kalau tidak hati-hati pada saat melintas maka kendaraan akan terjatuh ke dalam sungai.

“Semoga saja jembatan ini segera rampung dikerjakan dan masyarakat dapat lebih nyaman dalam beraktivitas,” harapnya.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya, Muhibbuddin ST yang dihubungi wartawan mengatakan, kalau progres proyek pembangunan jembatan rangka baja Lhok Puntoy- Suka Damai yang dikerjakan PT Adek Abang Thahara sebagai rekanan dengan total anggaran mencapai Rp.7,8 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2018 sudah mencapai 80 persen dan tidak lama lagi akan selesai sesuai dengan target pengerjaan.

“Dengan capaian progres tersebut, kami pastikan dalam tahun ini akan selesai dan segera bisa digunakan sebagaimana harapan masyarakat,” terangnya.(Putra)