Pemkab Aceh Barat Fokus Bangun Sektor Pertanian

13
Pemkab Aceh Barat Fokus Bangun Sektor Pertanian / FOTO Ilustrasi

MEULABOH,DILIPUTEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh terus berfokus pada upaya percepatan peningkatan swasembada pangan melalui optimalisasi produksi dan peningkatan peran penyuluh pertanian di lapangan.

Bupati Aceh Barat, H Ramli, MS di Meulaboh, Minggu, mengatakan, daerahnya selama ini masih terkendala karena terbatasnya sumber dana dari APBK untuk diamprahkan lebih memihak guna memajukan sektor pertanian di daerah setempat.

“Aceh Barat sangat kekurangan anggaran untuk memajukan pertanian, apabila anggaran dana Otsus ditambah untuk Kabupaten Aceh Barat, kami akan menganggarkan 30 persen dana Utsus tersebut untuk kemajuan pertanian,” katanya.

Penegasan itu disampaikan dalam sambutannya pada pembukaan Jambore Penyuluh Pertanian ke – 2 Se – Aceh di komplek Gedung Olahraga dan Seni (GOS) yang diikuti ribuan penyuluh dari 23 kabupaten/ kota di Aceh, serta pejabat Kementrian Pertanian RI.

Jambore Penyuluh Tingkat Provinsi Aceh ke – 2 itu mengambil tema “Melalui Jambore Penyuluh Pertanian Kita Tingkatkan Optimalisasi, Inovasi dan Mekanisasi Menuju Aceh Hebat”, dibuka Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah serta PERHIPTANI pusat.

Ramli MS, berharap kepada seluruh peserta untuk menjaga nilai – nilai syariat Islam yang berlaku di daerah setempat dan kepada seluruh peserta diharapkan memberi masukan sebagai bahan untuk mengambil kebijakan untuk menyusun program pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Momon Rusmono, mengatakan kegiatan itu sangat baik untuk menyatukan ide dan gagasan penyuluh dalam membangun pertanian di Indonesia.

“Jambore tingkat nasional terakhir dilaksaanakan tujuh tahun lalu, sedangkan di Aceh dilaksanakan setiap dua tahun sekali, ini merupakan sentilan bagi kami di pusat agar jambore penyuluh pertanian nasional segera dilaksanakan kembali,” sebutnya.

Ia yakin penyuluh pertanian akan menjadi garda terdepan untuk meningkatkan pertanian di Indonesia, ia mengajak penyuluh pertanian meningkatkan kinerja, memperkuat balai penyuluh kecamatan, penyuluh swadaya untuk penguatan ekonomi petani.

Info Iklan