Longsor Hantam Jalan Lintas Calang Banda Aceh

113
Longsor Hantam Jalan Lintas Calang Banda Aceh

ACEH JAYA, DILIPUTNEWS.COM – Jalan Banda Aceh – Calang tepatnya di KM 132 Gampong Sawang Kecamatan Setia Bakti Aceh Jaya, Jumat (2/11/2018) siang, dihantam tanah longsor, akibatnya tanah dan bebatuan yang menutupi badan jalan sekitar 50 cm.

Dari laporan Badan Penanggulang Bencana Aceh (BPBA), Longsor pertama terjadi pada pukul 07.25 wib yang menutup sebahagian jalan lintas kemudian longsor kedua terjadi pada pukul 12.20 wib yang mengakibatkan jalan lintas tertutup total.

Kalaks BPBA H.T. Ahmad Dadek, SH mengatakan, longsor tersebut akibat Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Jaya sejak jumat malam.

“Hingga kini kita telah mengerahkan alat berat untuk pembersihan material longsor diatas badan jalan agar jalur transportasi lancar kembali,” Ahmad Dadek.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, Rimbawan mengatakan longsor yang menutupi badan jalan sekitar 50 cm tersebut tidak terlalu berdampak pada arus lalu lintas.

“Para pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat sudah di alihkan ke jalan alternatif atau jalan lama lintas Calang – Banda Aceh yang berada di samping terjadinya lokasi longsor, jadi tidak terlalu berdampak pada kemacetan,” Katanya.

Hingga kini Petugas BPBK, TNI, Polri dan intansi terkait sedang melakukan pembersihan dengan mengerahkan alat berat, dan di pastikan sore ini jalan lintas Calang- Banda Aceh sudah kembali normal. (red)