Diduga Tercemar Limbah Kelapa Sawit, Air Sungai Lamie di Nagan Mendadak Keruh

92
Aliran sungai di kawasan Gampong Ujong Lamie,Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Rabu (18/7/2018) siang mendadak ditemukan berwarna keruh oleh warga setempat. Foto/Istimewa.

DILIPUTNEWS.COM, NAGAN RAYA-Aliran sungai di kawasan Gampong Ujong Lamie,Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Rabu (18/7/2018) siang mendadak ditemukan berwarna keruh oleh warga yang bermukim di kawasan ini.

Informasi yang diperoleh Diliputnews.com, Rabu siang menyebutkan, perubahan warga air di sungai tersebut diduga kuat akibat dari aksi pembuangan limbah yang diduga dari sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di kawasan itu.

“Limbah sawit telah mencemari sungai, selama ini air sungai begitu jernih, hari ini berubah warnanya,” ujar Syarif, seorang warga setempat kepada wartawan, Rabu siang.

Akibat persoalan ini, warga berharap Pemkab Nagan Raya dan DPRK segera turun tangan terhadap kejadian ini, guna mengambil sikap atas tindakan perusahaan perkebunan yang diduga telah mencemari lingkungan.

Menurutnya, dampak dari kejadian tersebut warga kini tidak bisa lagi mendapatkan sumber air bersih, serta dipastikan tidak bisa lagi memancing ikan di sungai tersebut karena diduga telah dipenuhi dengan limbah, hasil pengolahan kepala sawi, ungkapnya. (*)