Terbukti Bakar Lahan 70 Ha di Nagan, PT SPS Mulai Cicil Denda Rp 250 Juta/Bulan Selama Setahun

oleh
Kasi Pidum Kejari Nagan Raya, Rahmad Ridha SH didampingi Kasi Pidsus Mukhsin SH, menerima pembayaran ganti rugi perdana sebesar Rp 250 juta/bulan dari total Rp 3 miliar, atas hukuman korporasi yang dijatuhkan majelis hakim kepada PT Surya Panen Subur terkait pembukaan lahan dengan cara dibakar dengan luas lahan terbakar mencapai 70 hektare pada tahun 2012 lalu. Foto direkam Jumat (30/6/2018) pagi.

DILIPUTNEWS.COM, NAGAN RAYA-Kejaksaan Negeri Nagan Raya, Jumat (29/6/2018) kemarin mulai menerima angsuran pembayaran denda sebesar Rp 250 juta per bulan dari total Rp 3 miliar, yang diwajibkan pembayaran atas putusan hukum majelis hakim terkait kasus pembakaran lahan seluas 70 hektare terhadap PT Surya Panen Subur di kabupaten itu.

Pembayaran cicilan denda sebesar Rp 250 juta/bulan tahap pertama ini diterima oleh Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Nagan Raya, Rahmad Ridha SH didampingi Kasi Pidana Khusus kejari setempat, Mukhsin SH.

Kepada Diliputnews.com, Rahmad Ridha mengatakan pembayaran cicilan sebesar Rp 250 juta/bulan yang wajib dibayarkan oleh PT Surya Panen Subur terhadap hukuman korporasi yang sudah dijatuhkan majelis hakim tersebut, guna menjalani putusan hukum terkait perkara ini yang terjadi pada tahun 2012 lalu.

Ia menjelaskan, cicilan tersebut sudah komit dibayarkan oleh perusahaan selama 12 bulan ke depan, guna membayar biaya ganti rugi yang dialami negara atas pembukaan lahan baru dengan cara dibakar oleh pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit, kata Rahmad Ridha.

Sebelumnya pada Senin (25/6/2018) lalu, Kejaksaaan Negeri Nagan Raya melakukan eksekusi hukuman pidana badan terhadap Anas Muda Siregar, selaku penanggungjawab lapangan yang menjabat sebagai manajer di PT Surya Panen Subur ke Lembaga Pemasyarakatan Meulaboh, Aceh Barat.

Ia harus dibawa ke lembaga pemasyarakatan setelah adanya putusan hukum tetap (incrach) terkait kasus pembakaran lahan saat membuka lahan baru di Kecamatan Darul Makmur yang terjadi pada tahun 2012 lalu.