Pemkab Aceh Barat Jajaki Kerjasama Pemasaran Rotan ke Cirebon

oleh
Bupati Aceh Barat, H Ramli MS.

DILIPUTNEWS.COM, MEULABOH-Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kini mulai menjajaki upaya pemasaran bisnis rotan asal kabupaten itu guna dijual ke Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Hal ini diungkapkan Bupati Aceh Barat H Ramli MS kepada Diliputnews.com, Kamis (21/6/2018) siang melalui sambungan telepon selular.

“Hari ini saya bertemu Bupati Cirebon dalam rangka membuka hubungan bisnis rotan dengan Pemerintah Cirebon,” katanya.

Pertemuan ini berlangsung di Kantor Bupati Cirebon dan dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait.

Ramli berharap, dengan adanya penjajakan bisnis tersebut, keberadaan hasil rotan asal Aceh Barat diharapkan dapat dibawa ke Cirebon untuk diolah menjadi bahan baku baru, atau hasil industri dan dapat bersaing di level nasional.

Selain itu, apabila nantinya upaya kerjasama ini berhasil, maka masyarakat di Aceh Barat diharapkan dapat meningkat sumber pendapatan sehingga mampu meningkatkan perekonomian.

Ramli juga berupaya nantinya melakukan kerjasama dalam hal transfer industri kerajinan tangan menggunakan rotan, sehingga masyarakat yang selama ini memiliki keahlian dapat meningkatkan keahlian mereka dalam mengembangan bisnis yang bahan bakunya berasal dari rotan, ungkap Bupati Aceh Barat Ramli MS. (*)