Kuala Baru, Aceh Singkil. Pedalaman yang Terisolir, Terbatas dan Tanpa Dokter yang Menetap

oleh
Suasana kawasan Kuala Baru, Aceh Singkil, sebuah kawasan pedalaman yang kini masih terisolir terlihat dari udara. Foto/Harry Scout.

DILIPUTNEWS.COM, ACEH SINGKIL-Adalah Kuala Baru, sebuah desa yang akhirnya dimekarkan menjadi sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, sebuah wilayah yang berada di kawasan pedalaman Aceh yang kini terisolir dari kawasan perkotaan yang berada di sebuah wilayah barat daya Aceh.

Untuk bisa menuju ke kawasan ini, dibutuhkan waktu selama satu jam lamanya dan harus ditempuh melalui jalur sungai menggunakan boat dari ibukota Aceh Singkil.

Kalau pun melalui jalur darat, kawasan ini hanya bisa ditempuh melalui kawasan Trumon-Buloh Seuma, Aceh Selatan melalui jalur hutan dan terbatas akses jalan dengan jarak tempuh selama empat jam lamanya atau jarak selama 70 hingga 80 kilometer lamanya.

Berdasarkan hasil penelusuran ekslusif Diliputnews.com di salah satu kawasan pedalaman Aceh sejak Selasa hingga Rabu (19-20/6/2018), kawasan yang hanya terdiri dari empat desa masing-masing Desa Kuala Baru Laut, Kuala Baru Sungai, Suka Jaya, serta Desa Kayu Menang.

Kehidupan masyarakat di wilayah ini tergolong terbatas khususnya di bidang kesehatan dan hanya terdapat puskesmas dengan keterbatasan tenaga dokter.

“Tidak ada dokter yang mau menetap disini,” kata Kaharuddin, salah satu warga Kuala Baru kepada Diliputnews.com.

Karena terbatasnya tenaga dokter, masyarakat di wilayah pedalaman ini harus berobat secara alternatif ke dukun kampung, barulah kemudian berobat ke dokter apabila dokter yang bertugas di kawasan pedalaman ini datang ke tempat tugas.

Kalau pun ingin mendapatkan fasilitas kesehatan secara memadai, kata Kaharuddin, masyarakat di Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil harus menuju ke kawasan Trumon-Buloh Seuma, Aceh Selatan. Karena di kawasan ini fasilitas kesehatan lebih baik dibandingkan fasilitas kesehatan yang ada di desa mereka.

“Kami berharap diperhatikan oleh pemerintah, sehingga kehidupan masyarakat di Kuala Baru, Aceh Singkil, bisa setara dengan masyarakat lainnya yang ada di kabupaten kota di Aceh,” harap Kaharuddin yang mengaku sudah lama menetap di kawasan pedalaman ini.

Bersambung…….. (*)