Sambut Hari Kemenangan, Ribuan Warga Muslim di Aceh Barat Shalat Ied Hari Raya Idul Fitri

oleh
Ribuan umat Islam di Aceh Barat menggelar Shalat Ied Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kompleks Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Jumat (15/6/2018) pagi.

DILIPUTNEWS.COM, MEULABOH-Ribuan masyarakat muslim di Aceh Barat, Jumat (15/6/2018) pagi mulai merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah setelah berpuasa di bulan suci Ramadhan selama satu bulan lamanya.

Perayaan hari besar umat Islam ini dilakukan setelah Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan awal 1 Syawal 1439 Hijriyah, jatuh pada 15 Juni 2018.

Sebelumnya pada malam hari, ribuan warga di kabupaten ini turut memeriahkan datangnya hari raya dengan menggelar pawai takbir dengan cara mengelilingi sejumlah ruas jalan protokol di Meulaboh, serta mendapatkan sambutan gembira dan suka cita dari masyarakat.

Pawai ini dilepas oleh Bupati Aceh Barat H Ramli MS dan diikuti oleh pimpinan daerah serta unsur forkompimda.

Sementara itu, khatib pada hari raya ini disampaikan oleh Dr Tgk H Abdul Gani Isa SH MA, staf Pengajar Fakultas Syariah dan Hukum/Dosen Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dalam khutbahnya, Abdul Gani Isa menyampaikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum untuk memperbaiki diri secara lahir dan batin, untuk mendekatkan diri kepada Allah swt untuk melaksanakan segala perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

“Untuk itu sadarlah kita, bahwa sesungguhnya kita tidak lain adalah makhluk yang sangat lemah, maka kepada siapa lagi kita berharap selain kepada Allah SWT yang telah menciptakan dan dengan penuh kasih sayang-Nya pula Allah memberikan berupa rahmat dan nikmat-Nya, sehingga kita bisa menikmati hidup di dunia fana ini dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

Oleh karena itu, tidaklah pantas menahan kaki kita tidak mau melangkah ke masjid, menahan kepala untuk tidak sujud di hadapan-Nya, Apakah yang menahan lidah kita sehingga terasa berat berdzikir kepada-Nya, tutur Tgk H Abdul Gani Isa.(*)