Tahun Ini, Warga Miskin Di Nagan Raya Terancam Tak Bisa Nikmati Listrik Gratis Dari Pemkab

oleh
Salah satu visi dan misi dari pasangan HM Jamin Idham-Chalidin Oesman saat kampanye pada Pilkada 2017 lalu di Nagan Raya. Foto/istimewa.

DILIPUTNEWS.COM, NAGAN RAYA-Keinginan masyarakat miskin di Kabupaten Nagan Raya untuk mendapatkan listrik gratis dari pemerintah daerah dalam tahun 2018 ini, kemungkinan besar tak akan bisa direalisasikan.

Pasalnya, hingga kini pihak PT PLN (Persero) Area Meulaboh yang membawahi Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya hingga Simeulue, belum pernah mendapatkan surat resmi dari Pemkab Nagan Raya guna membahas persoalan ini.

Seperti diketahui, dalam 15 program kerja (visi dan misi) pasangan Jamin Idham-Chalidin Oesman (JADIN) pada Pilkada 2017 lalu, salah satu program yang diusung dalam kampanye yaitu pemberian listrik gratis bagi masyarakat miskin yang ada di kabupaten tersebut.

Manager PT PLN (Persero) Area Meulaboh, Redi Zusanto ST yang ditanyai Diliputnews.com, Selasa (12/6/2018) sore membenarkan bahwa pihaknya belum menerima surat resmi terkait program listrik gratis bagi masyarakat di Kabupaten Nagan Raya.

“Kalau resminya belum, cuma kalau ancang-ancang (rencana) ada,” kata Redi Zusanto.

Ia menjelaskan, biasanya untuk bisa mewujudkan program listrik gratis bagi masyarakat, pemerintah daerah menyurati PLN secara resmi, guna selanjutnya dilakukan pembahasan secara detail, sekaligus membahas siapa saja pelanggan listrik yang dapat menikmati program ini.

Selama ini, kata Redi, terdapat dua jenis pelanggan listrik diantaranya pelanggan listrik prabayar dan listrik paskabayar.

Sehingga untuk bisa mewujudkan hal tersebut, maka harus dilakukan pemilahan data yakni pelanggan yang memiliki rekening listrik 2 ampere dengan pelanggan diatas 2 ampere.

Redi mengaku pihaknya akan sangat senang apabila Pemkab Nagan Raya merealisasikan program tersebut dan pihaknya berjanji siap membantu dalam hal penyediaan data, sekaligus pembahasan teknis menyangkut dengan program dimaksud.

Mengingat hingga saat ini, baru Pemkab Aceh Jaya yang sudah merealisasikan program listrik gratis bagi masyarakat miskin, ujarnya. (*)