UTU Beri Pelatihan Pengelolaan Dana Desa

oleh

DiliputNews.com – Tim hibah pengabdian Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Universitas Teuku Umar melaksanakan program pelatihan “Pengelolaan Keuangan Desa Secara Professional, Menuju yang Kuat dan Mandiri” terhadap aparatur dari 26 gampong (desa) dari Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Rektor UTU Prof Dr Jasman J. Ma’ruf, S.E., M.B.A mengatakan, kegiatan yang dilakukan di aula SMA 1 Meureubo tersebut merupakan bagian dari implementasi tri dharma perguruan tinggi para tenaga pendidik dari kampus itu.

Kegiatan ini, kata Prof. Jasman, dirasa penting dalam rangka memberikan pemahaman dan keterampilan terkait tata cara pengelolaan keuangan desa secara baik dan benar, sehingga para aparatur gampong dapat terhindar dari masalah hukum dikemudian hari

“Kesalahan selama ini dalam proses pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan desa yang dialami oleh beberapa Keuchik seperti yang diberitakan di media massa, disebabkan karena ketidaktahuan cara pengelolaan keuangan desa oleh aparatur gampong,” ujar Prof. Jasman kepada DiliputNews.com, Sabtu (2/6/18).

Prof. Jasman juga mengatakan saat ini sebanyak Rp80 triliun uang APBN dialokasikan untuk dana desa di seluruh Indonesia. “Tujuannya adalah pemerintah menginginkan agar desa lebih maju dan mandiri, karena jika desa maju maka kabupaten juga maju, bahkan provinsi pun ikut maju”, ungkap Prof Jasman.

Dia mengharapkan, dengan adanya pelatihan pengelolaan keuangan desa tersebut,  desa-desa di Aceh Barat bisa lebih baik dalam proses pengelolaan dana desa mulai dari penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban, hingga pelaporannya sesuai dengan ketentuan.

Sementara itu, ketua tim pengabdian, Zainal Putra, S.E., M.M, yang juga merupakan Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi UTU, mengatakan, para aparatur gampong akan dilatih untuk meningkatkan keahlian khususnya dalam 5 aspek pengelolaan keuangan desa, yakni perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan desa.

Tim pelatih pengelolaan dana desa terdiri dari Zainal Putra, S.E., M.M selaku ketua tim, serta Budianto, S.E., M.Si dan Cut Devi Maulidasari, M.M, keduanya merupakan anggota.