Operasi Katarak di RSUD Nagan, Lima Menit Kemudian Pasien Langsung Bisa Melihat

148
Direktur RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya, Drg Doni Asrin. Foto/Diliputnews.com.

DILIPUTNEWS.COM, NAGAN RAYA-Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Iskandar Muda Nagan Raya, kini mulai melayani operasi mata bagi penderita penyakit katarak bagi seluruh masyarakat yang tersebar di kabupaten itu.

Uniknya, usai menjalani operasi mata yang ditangani oleh tim dokter ahli yang didatangkan langsung dari Medan, Sumatera Utara ini, pasien yang sudah menjalani operasi lima menit kemudian langsung bisa melihat tanpa harus dilakukan perawatan dengan jangka waktu yang lebih lama.

Direktur RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya, Drg Doni Asrin kepada Diliputnews.com dan sejumlah wartawan, Senin (28/5/2018) siang diruang kerjanya mengatakan terobosan ini dilakukan manajemen, setelah mempertimbangkan banyaknya warga yang mengantre di rumah sakit, guna mendapatkan pengobatan dan operasi katarak.

Atas dasar kebutuhan ini, pihaknya kemudian menjalin kemiteraan (kerjasama) dengan sebuah klinik mata yang berpusat di Medan, Sumatera Utara, guna melakukan operasi mata secara langsung di rumah sakit setempat.

“Alhamdulillah, lima menit setelah operasi, pasien sudah langsung bisa melihat, tanpa harus dirawat lebih lama di rumah sakit,” kata Drg Doni.

Ia mengakui, kecanggihan peralatan operasi yang dimiliki Manajemen RSUD Sultan Iskandar Muda selama ini telah menyebabkan masyarakat mulai berbondong-bondong berobat ke rumah sakit milik pemerintah daerah, karena telah memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara lebih baik.

Selama ini, kata Doni, pihaknya sudah dua kali melakukan operasi katarak, dengan jumlah pasien yang sudah berhasil ditangani mencapai puluhan orang.

“Sekarang, pasien yang berobat ke Nagan Raya malah ada yang dari Meulaboh, Aceh Barat. Tidak tertutup kemungkinan akan ada warga dari kabupaten lain yang berobat ke sini (Nagan Raya),’ tukasnya.(*)