Harga Tiket Pesawat Wings Tujuan Nagan Raya-Medan Masih Tinggi, Rp 899 Ribu Sekali Terbang

22
Pesawat Wings Air, Foto: Google

DILIPUTNEWS.COM, NAGAN RAYA-Anggota DPRK Nagan Raya, Teuku Cut Man meminta kepada pemerintah daerah setempat, untuk segera mengambil sikap guna menurunkan tingginya harga tiket pesawat berjadwal Wings Air, dengan keberangkatan Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya tujuan Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, yang kini mencapai Rp 899 ribu untuk sekali jalan.

Biasanya, harga jual tiket pesawat udara jenis ATR 72 seri 500-600 tersebut hanya dijual Rp 400-an hingga Rp 500-an untuk sekali jalan.

Pantauan Diliputnews.com, Kamis (24/5/2018) siang melalui aplikasi pembelian tiket pesawat, harga jual tiket pesawat Wings Air dari Nagan Raya ke Medan, Sumtera Utara masih berada di level Rp 899 ribu untuk sekali jalan.

Sedangkan harga tiket dari Kualanamu, Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara tujuan ke Nagan Raya dijual Rp 949 ribu untuk sekali jalan (terbang).

“Ini sudah tidak masuk akal, masa harga tiket pesawat ke Medan dari Nagan Raya sudah lebih tinggi harga tiket dari Banda Aceh-Jakarta yang jarak terbangnya lebih jauh,” kata Teuku Cut Man kepada Diliputnews.com.

Dampak dari meningkatnya harga jual tiket pesawat tersebut, telah menyebabkan calon penumpang mengeluh karena harga Rp 899 ribu untuk sekali jalan, dinilai sudah tidak wajar dan tidak rasional.

Jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat dari Banda Aceh-Medan hanya dijual paling rendah berkisar Rp 300-an atau Rp 400-an untuk sekali jalan.

“Kita meminta Pemkab Nagan Raya untuk segera turun tangan mengatasi persoalan ini, kalau dibiarkan justru masyarakat yang akan rugi,” harapnya.

Cut Man mengakui kebutuhan sarana transportasi udara ke Nagan Raya dari Medan, Sumatera Utara selama ini sangat dibutuhkan masyarakat mengingat padatnya aktivitas warga dari sejumlah kabupaten/kota di wilayah pantai barat selatan Aceh, karena sering bepergian ke luar kota untuk keperluan bisnis atau melakukan perjalanan dinas.

Sementara itu, informasi yang diperoleh Diliputnews.com dari seorang petugas di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya menyebutkan, naiknya harga tiket pesawat dari Nagan Raya ke Medan atau sebaliknya, disebabkan akibat naiknya Avtur (bahan bakar pesawat).

Namun, pria yang tak disebutkan namanya ini mengaku dampak dari naiknya harga tiket tersebut, ikut menyebabkan jumlah penumpang ikut menurun tajam dan rata-rata hanya terisi sekitar 50 persen seat, untuk sekali jalan. (*)