Tak Kunjung Diperbaiki, Warga di Aceh Barat Timbun Longsor Jembatan Pakai Pohon Kelapa Sawit

40
Petugas kepolisian memasang garis polisi di sekitar lokasi longsornya jembatan di lintasan Meulaboh-Pante Ceureumen, di kawasan Sawang Teubee, Kaway XVI, Aceh Barat, Kamis (11/5/2018).

DILIPUTNEWS.COM, MEULABOH-Akibat tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah, warga di Aceh Barat terpaksa menambak bagian jembatan rangka baja yang berada di lintasan Kaway XVI-Pante Ceureumen, dengan pohon kelapa sawit yang sudah ditebang.

Kejadian ini terjadi di jembatan yang terletak di Desa Sawang Teubee, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Informasi yang diperoleh awak media di lokasi kejadian hingga Jumat (11/5/2018) menyebutkan, warga terpaksa menambak lobang besar yang menganga di lokasi ini lantaran selama ini jembatan tersebut sudah tak layak untuk digunakan lagi.

Selain sudah ambruk, di lokasi tersebut kerap terjadi kecelakaan bagi pengguna jalan yang melintas.

Sayuti, salah satu warga kepada wartawan mengatakan, jembatan tersebut merupakan satu-satunya penghubung antar kecamatan di wilayah tersebut.

Parahnya longsor di bagian abutmen jembatan menyebabkan aktivitas dan perekonomian masyarakat sekitar ikut melemah.

Ia menambahkan, badan jalan tersebut kerap dilalui aneka angkutan barang dan angkutan umum. Namun perbaikan secara maksimal tetap saja belum dilakukan dengan serius.

“Kalau kendaraan besar seperti truk tronton tidak bisa lagi lewati jembatan ini, karena badan jalan semakin hari semakin sempit akibat terkikis erosi,” tambahnya.

Sementara itu, Keuchik Sawang Teubee, Kaway XVI, Aceh Barat, Zulbaili mengatakan pihaknya sudah berulang kali mengadukan persoalan kerusakan jembatan tersebut kepada pemerintah daerah.

Namun hingga saat ini ini belum pernah terlihat tindak lanjut yang serius guna melakukan perbaikan.

Dikatakannya, warga sengaja menimbun longsoran jembatan dengan pohon sawit, itu dilakukan agar masyarakat yang melintas dapat berhati-hati dan tidak terjun kedalam lobang hingga jatuh ke sungai.

“Kita inginkan pemerintah segera memperbaiki jembatan, agar masyarakat yang mengunakan jalan jaminan selamat dan pertumbuhan ekonomi masyarakat juga baik, bahkan warga yang membawa sawit terkadang juga hampir terjatuh ke dalam longsoran tanah dekat jembatan,” ungkapnya. (*)