Peringatan Hari Buruh di Meulaboh, Mahasiswa Gelar Aksi Teaterikal

55
Massa menampilkan aksi teaterikal saat berlangsungnya Peringatan Hari Buruh (May Day) di depan Tugu Pelor, Meulaboh, Aceh Barat, Selasa (1/5/2018) siang. Foto/Diliputnews.com.

DILIPUTNEWS.COM, MEULABOH-Peringatan Hari Buruh (May Day) yang diperingati oleh massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda untuk Hari Buruh (Mau Rehab), Selasa (1/5/2018) siang, menampilkan aksi teaterikal yang mengambarkan bagaimana kondisi buruh di Indonesia saat ini.

Aksi yang dilakoni oleh kalangan mahasiswa ini, dilakukan disela-sela aksi unjukrasa yang digelar di depan Tugu Pelor Meulaboh, Aceh Barat, dengan cara melumuri tubuh mereka dengan tepung serta tulisan berwarna merah.

Massa juga memakai topi petani dan helm pekerja dan menampilkan drama tentang kesedihan buruh yang selama ini dialami oleh buruh.

Aksi tersebut juga mendapatkan perhatian dari masyarakat yang melintasi lokasi aksi, dengan pengawalan ketat dari petugas kepolisian Polres Aceh Barat.

Dalam tuntutannya, massa juga mendesak Pemkab Aceh Barat dan Dinas Ketenagakerjaan setempat untuk segera membentuk tim mediator ketenagakerjaan, dan tim pengawasan terhadap perusahaan yang beroperasi di wilayah itu.

Sehigga ketika terjadi persoalan di kalangan tenaga kerja (buruh), maka segera mendapatkan penyelesaian dengan baik sehingga hak buruh dapat diperjuangkan dan mendapatkan haknya sebagai pekerja, apabila suatu saat diberhentikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

“Kami juga mendesak negara untuk menghapus sistem kerja kontrak (Outsourching), apalagi selama ini para buruh dalam menyelesaikan masalah dengan perusahaan tidak pernah tau mau ke mana, sebab tak ada tim mediator, maka itu perlu dibentuk,” teriak orator aksi.