BREAKING NEWS: Gelar Aksi Hari Buruh, Mahasiswa Desak Pemerintah Cabut PP 78/2015

76
Massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda untuk Hari Buruh (Maurehab) menggelar aksi unjukrasa di depan Tugu Pelor Meulaboh, Aceh Barat Selasa (1/5/2018) siang. FOTO/DiliputNews.com

DILIPUTNEWS.COM, MEULABOH – Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda untuk Hari Buruh (Mau Rehab), Selasa (1/5/2018) siang menggelar aksi unjukrasa didepan Tugu Pelor Meulaboh, Aceh Barat.

Aksi tersebut dilakukan guna memperingati Hari Buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei setiap tahunnya.

Dalam aksi yang berlangsung didepan Kantor DPRK Aceh Barat ini, massa juga membentang sejumlah spanduk yang mendesak pemerintah untuk segera mencabut PP Nomor 78 Tahun 2015, tentang Pengupahan Buruh yang dinilai belum layak di Indonesia.

Koordinator Aksi, Arif Mundi kepada awak media mengatakan unjukrasa tersebut bertujuan untuk mendesak sejumlah poin penting terhadap permasalahan buruh di Indonesia, yang selama ini terjadi dan dikeluhkan para buruh.

Salah satunya yaitu lahirnya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan Buruh yang dinilai belum memihak kepada para buruh, serta Perpres Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengunaan Tenaga Kerja Asing (TKA).

“Kita mendesak Presiden untuk menghapus PP nomor 78 tahun 2015 dan mendesak untuk mengeluarkan negara ini (Indonesia) dari perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), karena hal itu mempermudah TKA masuk ke Indonesia dan menjadi ancaman bagi para pekerja lokal,” ujarnya.

Aksi ini juga mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian dari Polres Aceh Barat yang berjaga-jaga di sekitar lokasi aksi, serta mendapatkan perhatian dari pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut. (***)