PNS di Aceh Barat Tes Urine Mendadak

65

DiliputNews.com (Meulaboh) – Mengantisipasi keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengkonsumsi narkotika, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat, Rabu (14/3/2018), melakukkan tes urine secara mendadak untuk para pengawai yang dilaksanakan oleh UPTD Labkes setempat, berlangsung di Aula Bappeda Aceh Barat.

Tes urine secara mendadak itu selain untuk menlihat dan mengantisipasi sejauh mana keterlibatan PNS dalam mengkonsumsi narkoba. Hal itu juga untuk mengetahui tingkat kedisiplinan pegawai terhadap kesehaataannya.

Selain PNS, para tenaga kerja non PNS juga ikut dilakukan tes urine, namun hal itu dilakukan secara bertahap, sekitar 500 pegawai hadir pada tahap pertama. Untuk tahap selanjutnya para akan di tes, naamun belum diketahui jadwalnya karena bersifat rahasia.

Petugas UPTD Labkes Aceh Barat, Erlisa mengatakan, hasil dari tes urine yang dilakukan, setelah direkap terutama sekali akan diberikan kepada Dinas Kesehatan dan baru diserahkan kepada instasi masing-masing.

“Kita punya dokter khusus yang memeriksa dan melakukan uji lab terhadap urine para PNS yang sudah terkumpul, karena UPTD Labkes berada di bawah dinas kesehatan, hasilnya kita berikan kesan dulu, kemudian baru diserahkan ke masing-masing instasi,” ujarnya.

Pegawai Bappeda Aceh Barat, Sastri mengungkapkan, bahwa jika hasil tes urine yang dilakukan mendapati PNS yang terbukti mengonsumsi narkoba, maka pihak pemerintah akan melakukan pembinaan dan rehabilitas.

“Kalau selama ini kan hanya ada di institusi TNI dan Polri terkait tes urine, namun mulai sekarang di pemerintahan pun juga akan rutin dilakukan tes, tujuannya untuk mendeteksi secara mendalam terkait PNS yang mengkonsumsi narkoba,” ucapnya.