Peserta Tes PPS Ini Tuding KIP Nagan Raya Tak Independen

96

DiliputNews.com – Peserta tes Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Nagan Raya, mengaku kecewa atas hasil pengumuman tes petugas PPS Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat.

Pasalaya, terdapat salah satu peserta yang tidak mengikuti tahapan rekrutmen tes tulis, namun dinyatakan lolos dalam pengumuman resmi yang dikeluarkan KIP Nagan Raya baru-baru ini.

“Kecewa berat atas hasil pengumuman yang dikeluarkan  KIP Nagan Raya, sebab yang tidak ikut tahapan seleksi sebagai PPS pemilu 2019, terpampang namanya dipengumunan, yakni ruslan warga Geunong Reubo, Kecamatan Kuala,” kata Syahrul fauzi salah satu peserta PPS dari  kuta makmue, kecamatan Kuala, yang tidak lewat tahapan tes tulis, Kamis, (22/02) melalui pesan singkat whatsapp.

Syahrul menambahkan, ia sama sekali tak bermaksud untuk menghambat tahapan seleksi selanjutnya, meski dirinya tidak lolos dalam tahapan seleksi PPS, ia hanya ingin menegaskan bahwa seleksi tersebut jangan sampai terkesan tidak independen dan bertolak belakang dengan ruh KIP sebagai komisi independen.

“Institusi yang katanya independen, kenapa dilihat tidak independen dalam rekrutmen PPS,”  tudingnya.

Tidak sampai disitu, kata dia, salah seorang aparatur pemerintahan gampong Kuta Makmue namanya tertera pada pengumuman tes tulis, padahal Badan Pengawas Pemilu Aceh (Bawaslu) melarang adanya rekrutmen PPS yang anggota aparatur gampong.

“Itu merujuk pada Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa, adanya larangan bagi kepala desa untuk tidak terlibat dalam kegiatan kepemiluan,” tutupnya.