Warga Resah Pencuri Kambing di Abdya Meraja Lela

oleh
Warga Resah Pencuri Kambing di Abdya Meraja Lela
Warga Resah Pencuri Kambing di Abdya Meraja Lela
Warga Resah Pencuri Kambing di Abdya Meraja Lela

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Aksi pencurian hewan ternak kambing membuat resah masyarakat di Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Berdasarkan informasi dari warga setempat dalam kurun waktu satu minggu saja, tercatat 5 hewan ternak Kambing milik warga yang hilang di gondol maling.

Maizan warga Desa Tengah, Kecamatan Manggeng, Kamis (5/2) mengakui, kawanan pencuri berhasil mengambil 4 ekor ternak kambing miliknya dalam waktu sepekan, padahal posisi kandang hewan tersebut tak jauh dari rumahnya.

“Biasanya mereka melakukan pencurian pada malam hari dengan cara merusak pintu kandang kambing, pada saat itu saya mendapati kondisi kandang sudah dalam keadaaan rusak,” ungkapnya.

Dikhawatirkan, lanjut Maizan, kawanan pencuri tersebut akan meluas hingga ke wilayah lain, sebab kejadian itu bukan hanya di Desa Tengah saja, tetapi juga dialami sejumlah warga lain yang mengalami kondisi serupa.

“Kali ini Desa Tengah yang menjadi sasaran pencurian ternak, dikhawatirkan bisa meluas ke daerah lain, dan itu sudah terbukti beberapa bulan yang lalu,” lanjut Maizan.

Lebih lanjut, Maizan meminta kepada pihak kepolisian agar sendikat pencurian seperti itu segera tertangkap, karena telah meresahkan masyarakat sekitar. “Kita berharap kasus pencurian ini segera tertangkap pelakunya, agar ada efek jera terhadap para pencuri lain yang sedang meraja lela,” singkatnya lebih lanjut.

Terkait dengan hal itu, Kapolsek Manggeng, Iptu Zulbakri, mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan dari salah satu warga yang merasa ternaknya kehilangan, namun pihak polsek setempat baru mendengar informasi dari beberapa warga yang kehilangan hewan ternak Kambing.

“Memang benar marak terjadi pencurian ternak, kepolisian masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa pelakunya. Masyarakat yang memiliki hewan ternak diminta untuk ikut meningkatkan pengamanan di wilayahnya,”  kata Zulbakri saat dihubungi wartawan.

Selanjutnya ia juga menghimbau kepada warga, agar ternak kambing tersebut dijaga dan tidak dibiarkan berkeliaran begitu saja, karena akan mudah sekali untuk dicuri. “Kita akan berupaya semaksimal mungkin mencari sendikat pencurian tersebut, agar tidak meresahkan warga sekitar, disamping itu kita juga akan meminta kepala desa (keuchik) agar mengintruksikan kepada warganya supaya lebih waspada terhadap pencurian ternak,” katanya singkat. (Red/Zal)