Pemkab Aceh Barat Fokus Benahi Sektor Pertanian

284
Pengembangan Pertanian / Ilustrasi

Pengembangan Pertanian / Ilustrasi
Pengembangan Pertanian / Ilustrasi

MEULABOH | DiliputNews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh fokus pada pembenahan sektor pertanian sebagai langkah mempercepat peningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor pertanian tanaman pangan.

Wakil Bupati Aceh Barat Rahmad Fitri HD di Meulaboh, Senin mengatakan beberapa terobosan dilakukan saat ini adalah dengan melihat kebutuhan mendasar seperti ketersediaan pembangunan fasilitas pertanian jaringan irigasi.

“Karena itu kita terus melakukan upaya-upaya perbaikan dan pengadaan pendukung sektor pertanian seperti jaringan irigasi, apalagi di Aceh Barat banyak juga irigasi yang sudah tidak berfungsi dan yang butuh ditambah pembangunannya,”katanya.

Kata dia, TNI dan Pemkab Aceh Barat saat ini dalam satu tekad mewujudkan pembangunan dan ketahanan pangan berdasarkan acuan bersama memuat kebijakan strategi dalam kegiatan operasional untuk menciptakan peran serta bersama dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Wabub Aceh Barat yang akrap disapa Haji Nanda ini menyebutkan, pemerintah mencatat ada 52 persen irigasi di Indonesia rusak, bahkan beberapa diantaranya sudah 30 tahun tidak diperbaiki termasuk sarana irigasi di Aceh Barat.

Sinergisitas antara Kementrian Pertanian, TNI Angkatan Darat dan Pemerintah Daerah saat ini, merupakan langkah kongkrit sebagai upaya kepedulian dan percepatan diraihnya tujuan bersama swasembada pangan bagi Provinsi Aceh.

“Target pemerintah pusat selama tiga tahun kedepan Indonesia harus swasembada pangan dan salah satu cara langkah yang ditempuh bersama adalah mempersiapkan jaringan irigasi pertanian,”imbuhnya.

Kemitraan yang terjalin dalam program swasembada pangan tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi semua pihak sehingga sejalan dengan program pemerintah daerah menjadikan masyarakat makmur dan sejahtera.

Dalam program kerja, kata Rahmad Fitri HD seluruh kawasan sentra produksi pertanian sudah dilakukan pemetaan terutama dalam menyediakan sarana pendukung sektor pertanian kawasan itu karena sebagian area pesawahan merupakan tadah hujan.

Secara perlahan pembenahan infrastruktur irigasi terus dipacu termasuk penuntasan Irigasi Raksasa Lhok Guchi di Kecamatan Pante Cereumen, bendungan raksasa tersebut ditargetkan mampu mengaliri air keseluruh area pesawahan wilayah setempat.

“Selain itu juga sudah ada waduk-waduk dan irigasi pendukung yang sudah ada, walaupun demikian pembangunan untuk lebih maksimal dalam pengelolaan sektor pertanian harus terus diperhatikan secara berkelanjutan,”katanya menambahkan.(red/ant)