Idang Meulapeeh Asal Nagan Raya Raih Rekor Dunia

oleh
Idang Meulapeeh Asal Nagan Raya Raih Rekor Dunia
Idang Meulapeeh Asal Nagan Raya Raih Rekor Dunia
Idang Meulapeeh Asal Nagan Raya Raih Rekor Dunia

MEULABOH | DiliputNews.com – Idang (hidangan) Maulid Nabi Besar Muhammad SAW asal Nagan Raya, Aceh, Sabtu (3/1/2015) mendapatkan Rekor Dunia dari Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum MURI, Jaya Suprana kepada Ketua Umum Ikatan Keluarga Nagan Raya (IKNR) Jakarta, Chalidin Oesman berlangsung di Anjungan Pemerintah Aceh di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Penyerahan rekor dunia ini diberikan karena Idang Meulapee (Hidangan) Maulid yang disajikan dalam kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini memiliki tinggi 3,95 meter dengan lingkaran 3,77 meter.

Sebelum dilakukan penyerahan rekor dunia oleh Ketua Umum MURI Indonesia, Jaya Suprana, terlebih dahulu hidangan yang berisi aneka makanan dan minuman tradisional khas Aceh ini diukur terlebih dahulu oleh petugas dari MURI, guna memastikan ukuran sebenarnya.

Bahkan, komposisi hidangan maulid IKNR Jakarta yang diletakkan di atas panggung Anjungan Pemerintah Aceh di TMII itu berisi sejumlah makanan diantaranya, gulai yang terbuat dari daging sapi seberat 70 kilogram, 54 ekor daging ayam, ikan basah 72 kilogram, ikan kering 244 pcs, udang lobster 26 kilogram, 1.100 butir telur asin, nasi/bu kulah 336 bungkus, 100 potong tebu kupas, 50 kilogram aneka buah-buahan, 200 pcs sirih/ranup Aceh.

“Dengan berat hati dan terpaksa kami menolak ajuan rekor Idang Meulapeeh ini sebagai rekor Indonesia, anda tentu bertanya-tanya alasannya kenapa? Karena apa, karena idang meulapeeh ini bukan merupakan rekor Indonesia, akan tetapi merupakan idang terbesar dan terakbar di Indonesia tetapi merupakan hidangan terbesar di dunia dan merupakan rekor dunia,” kata Jaya Suprana yang disambut gemuruh tepuk tangan ribuan warga Nagan Raya yang hadir.

Usai memberi sambutan, Jaya Suprana memberikan rekor dunia ini kepada Ketua Umum IKNR Jakarta, Chalidin Oesman. kemudian kepada Panitia Pelaksana IKNR Jakarta yang diterima Sabaruddin Akbar, serta kepada Ketua Tim Penggerak PKK IKNR Jakarta yakni Dedeh Karmila Chalidin yang didampingi Taufik Firmansyah selaku Sekretaris IKNR Jakarta dan Bendahara Muhammad Isa selaku bendahara.

Ketua Umum IKNR Jakarta, Chalidin Oesman dalam sambutannya mengaku sangat terharu dengan keberhasilan meraih rekor dunia atas hidangan maulid yang merupakan karya dari masyarakat Nagan Raya yang ada di Jakarta. Karena dengan penghargaan ini, tentunya karya seni dan adat istiadat Aceh kini telah diakui oleh dunia dan telah berhasil memecahkan rekor dunia dengan idang terbesar yang pernah ada.

Dikatakannya, keberhasilan ini tentu bukanlah keberhasilan IKNR Jakarta semata, melainkan keberhasilan seluruh masyarakat Nagan Raya yang ada di Jakarta dan masyarakat Aceh pada umumnya. kedepan, ia mengaku akan berusaha mempertahankan rekor dunia tersebut dengan berbagai kegiatan lainnya sesuai dengan adat istiadat Aceh.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat diantaranya anggota DPR RI Nasir Jamil SAg, mantan Gubernur Aceh Syamsuddin Mahmud, serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat Aceh yang berdomisili di Jakarta maupun perwakilan FK-PNR Aceh Barat yang diwakili Abdillah Armia SNG.