BLHKP Abdya Optimalkan Kebersihan Kota

oleh
BLHKP Abdya Optimalkan Kebersihan Kota
BLHKP Abdya Optimalkan Kebersihan Kota
BLHKP Abdya Optimalkan Kebersihan Kota

BLANGPIDIE | Diliputnews.com – Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jum’at (2/1) melakukan pembersihan lingkungan di sejumlah titik dala wilayah Kecamatan Kota Blangpidie dan sekitarnya.

Kepala BLHKP Abdya Indra Sukma menjelaskan, gotong royong massal yang melibatkan sejumlah Satpol PP dan WH serta para penghuni rumah singgah itu, bertujuan untuk membersihkan lokasi tumpukan sampah yang merusak keindahan kota serta terjadi pencemaran lingkungan. “Karena lingkungan yang bersih itu perlu kita jaga bersama, agar terhindar dari penyakit serta menciptakan hidup sehat,” katanya.

Disamping itu, lanjut Indra, dalam mendukung kebersihan lingkungan ini, pertama sekali harus ada dukungan dari masyarakat sekitar juga, karena, menurutnya, kebersihan lingkungan itu harus dimulai dari masyarakat itu sendiri. “Disinilah upaya kita untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan,” ujarnya.

Indra menyebutkan, untuk awal tahun ini pihaknya telah membersihkan sejumlah lokasi dalam Kecamatan Kota Blangpdie diantaranya, komplek Mesjid Jamik Baitul Adhim, Pusat Pasar dan Terminal Kota Blangpidie. “Secara tidak lansung kita telah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan mulai dari dirinya sendiri agar tidak membuang sampah sembarangan, karena tempat pembuangan sampah sudah kita sediakan,” sebutnya.

Lebih lanjut, Indra mengatakan, dalam tahun 2014, pihaknya telah melakukan pembersihan lingkungan sebanyak 4 kali. Dampak upaya yang dilakukan oleh instansinya tersebut sudah memberikan perubahan setingkat lebih baik dari tahun sebelumnya. “Semoga saja dalam tahun 2015 mendatang dan selanjutnya, kebersihan di Abdya akan terus meningkat dan terurus,” ungkapnya.

Terakhir, BLHKP Abdya juga telah memprogramkan untuk operasional pengolahan sampah di lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) Desa Iku Lhueng, Kecamatan Jeumpa, agar sampah yang terbuang tersebut tidak tertimbun begitu saja, akan tetapi harus dimanfaatkan kembali. “Misalnya untuk pupuk dan proses mendaur ulang bahan plastik yang terbuang, insya Allah sudah kita usulkan dalam tahun 2015 ini, kita tinggal tunggu saja hasilnya nanti setelah pembahasan anggaran,” tuturnya.

Selain membersihkan sejumlah lokasi tersebut, tambah Indra, pihaknya bersama personel wanita dari WH telah melakukan perawatan taman bungan pada jalan menuju Komplek Perkantoran Abdya. (Red/Zal)