Pelanggar Syariat Terjaring Razia Satpol PP Dan WH Abdya

17
Pelanggar Syariat Terjaring Razia Satpol PP Dan WH Abdya

Pelanggar Syariat Terjaring Razia Satpol PP Dan WH Abdya
Pelanggar Syariat Terjaring Razia Satpol PP Dan WH Abdya

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Pelanggar Syariat Islam dengan berpakaian ketat, pada Senin (29/12) terjaring dalam razia Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Selain masyarakat yang terjaring, belasan pegawai negeri sipil (PNS) yang keluar kantor tanpa izin pada jam dinas juga ikut terjaring dalam razia yang digelar di lintasan jalan nasional depan markas Satpol PP dan WH setempat.

Kasatpol PP dan WH Abdya, Muddasir, SPd mengatakan, masih banyak pelanggar Syariat Islam di Kabupaten Abdya. Hal ini dibuktikan dengan terjaringnya puluhan warga setiap  digelar razia. Ia menambahkan untuk mengurangi tingkat pelangaran syariat, pihaknya terus melakukan berbagai kegiatan termasuk pembinaan dan sosialisasi melalui ceramah agama di masjid-masjid dan mushala.

Razia itu dilakukan berdasarkan Qanun Aceh Nomor 11 tahun 2002 tentang Ibadah, Aqidah, Syiar Islam, busana ketat dipandang dapat membentuk tubuh kaum perempuan dan celana pendek memperlihatkan aurat kaum pria.

“Sehingga hal ini dengan segera kita sosialisasikan, sebab dalam agama saja telah diatur bagaimana cara berpakaian yang baik dan benar, sehingga tidak menjadi dosa bagi yang memakai ataupun yang melihat,” terang Muddasir.

Dalam razia itu, lanjutnya, petugas menghentikan semua kendaraan yang melintas untuk selanjutnya petugas mencatat identitas warga yang melanggar Qanun tersebut. Mereka lantas diberikan tausiah dan arahan untuk tidak menggulangi perilakunya.

Berdasarkan catatan pihaknya, angka pelanggaran Syariat Islam di Abdya belum ada perubahan. Tingkat kesadaraan masyarakat Abdya untuk menjalankan syariat masih rendah.

Sementara itu, belasan PNS yang terjaring razia saat berkeliaran pada jam dinas juga diberikan teguran, bahkan daftar nama-nama pelanggar disiplin PNS akan diserahkan kepada Sekda Abdya agar hal serupa tidak terulang kembali.

“Kita melibatkan hampir seratus personel Satpol PP dan WH dalam razia ini. Agar sosialisasi Syriat Islam dan penertiban PNS dapat lebih maksimal, dengan harapan tidak ada lagi pelanggar syariat dan tertibnya para abdi negara,” papar Mudasir singkat (Red/Zal)

Bagikan Artikel Ini :