Pemkab Abdya Bagikan Ratusan Ribu Bibit Palawija

oleh
Pemkab Abdya Bagikan Ratusan Ribu Bibit Palawija
Pemkab Abdya Bagikan Ratusan Ribu Bibit Palawija
Pemkab Abdya Bagikan Ratusan Ribu Bibit Palawija

BLANGPIDIE  | DiliputNews.com – Bertepatan dengan hari menanam pohon Indonesia (HMPI) dan bulan menanam nasional (BMN) tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyerahkan bantuan bibit palawija untuk para petani dalam kabupaten setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Abdya, Herman Suryadi, SP, Rabu (24/12) usai kegiatan peringatan HMPI dan BMN di kawasan Kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) menyebutkan, bantuan bibit palawija yang disalurkan itu terdiri dari bibit kopi, bibit sawo, cengkeh, jabon, jengkol, sawit unggul, kakao, nilam, pala dan karet dengan jumlah 507.808 batang.

“Kegiatan ini kita rangkai dengan penyerahan bibit secara simbolis dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh unsur muspida,” jelasnya.

Dikatakan, ratusan ribu bibit yang disalurkan itu bertujuan untuk membantu para petani ataupun petani kebun dalam memperoleh bibit terbaik tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan harapan, bantuan bibit dimaksud nantinya dapat membuahkan hasil maksimal, sehingga dapat meningkatkan perokonomian para petani yang ada disembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya.

“Bantuan ini kita serahkan kepada para petani, baik itu secara berkelompok maupun perorangan dengan ketentuan administrasi seperti bukti kepemilikan lahan hingga KTP. Sehingga bibit yang disalurkan tepat sasaran dan tidak disalahgunakan, sebab kita terus memantau setiap perkembangan di lapangan,” terangnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Abdya, M.Nafis A Manaf, menyampaikan, peringatan HMPI dan BMN bertujuan untuk membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Abdya untuk menanam pohon dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh wilayah.

Selain itu, kegiatan seperti ini dapat membangun ekosistem hutan dan akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sekaligus menyediakan bahan baku bagi industri kehutanan dan menyerap karbon dioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi terhadap mitigasi perubahan iklim.

“Kita berharap, melalui semangat gotong royong ini akan terbentuk ekosistem yang asri. Selain itu, program pembagian bantuan bibit palawija untuk para petani juga diharapkan mampu memperbaiki kualitas hasil perkebunan serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat petani Abdya,” harapnya.

Diakhir kegiatan, Asisten Ekonomi Pembangunan, M.Nafis A Manaf, Kapolres Abdya, AKBP Budi Samekto, Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf. Suhartono, Kejari Blangpidie, Umar Zakar serta pejabat lainnya menanam pohon secara serentak di Kampus AKN yang berlokasi di kawasan pegunungan Cot Manee Kecamatan Jeumpa. (Red/Zal)