KNPI Aceh Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

oleh
KNPI Aceh Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis
KNPI Aceh Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis
KNPI Aceh Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Sedikitnya 68 penderita bibir sumbing menjalani operasi gratis yang diadakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Aceh yang digelar di Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (12/12).

Ketua DPD KNPI Aceh, Jamaluddin dalam kesempatan tersebut menjelaskan, operasi bibir sumbing yang diperuntukkan bagi masyarakat yang berada di wilayah pantai barat selatan Aceh ini adalah bagian dari kepedulian KNPI bagi warga yang kurang mampu.

KNPI bekerjasama dengan Provinsi Aceh termasuk pihak rumah sakit untuk program kemanusiaan seperti ini.
“Disekitar kita banyak warga yang menderita bibir sumbing. Namun mereka tak mampu menanggung biaya operasi. Inilah fokus kita pada program kemanusiaan khususnya masyarakat yang menderita bibir sumbing,”kata Jamaluddin didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan, Azhar SE.

Sementara itu, Ketua DPC KNPI Abdya, Idris, SH.I menyebutkan, yang menjalani operasi tersebut berasal dari beberapa kabupaten termasuk Abdya. Pihaknya menganggarkan untuk 68 penderita masuk dalam data operasi gratis, namun hingga saat ini baru sekitar 22 penderita yang telah melakukan pendaftaran dan siap dilakukan operasi.

“Secara keseluruhan pasien terdiri dari anak bawah umur lima tahun (balita) maupun orang dewasa. Kami turun ke lapangan mendata warga yang terkena bibir sumbing. Bakti sosial ini akan berlangsung hingga Minggu (14/12) mendatang,” terang Idris.

Menurutnya, kegiatan ini memang kepedulian atas nasib warga yang menderita bibir sumbing di wilayah barat selatan Aceh. Kegiatan operasi secara gratis ini akan ditangani langsung oleh tim dokter ahli bedah plastik dan panitia bakti sosial yang akan terus memantau perkembangan dari pasien yang dioperasi. “Andai ada pasien yang kondisinya cukup parah maka KNPI akan merujuknya ke Banda Aceh mmasih dalam tanggungan kami,” demikian ungkapnya.

Dalam pembukaan itu, Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin yang juga hadir pada kegiatan bakti sosial itu memberikan apresiasi pada KNPI Aceh yang berani melakukan terobosan atas operasi bibir sumbing.

“Saya memberi apresiasi atas kinerja dan program kerja KNPI Aceh. Saya harapkan program seperti ini tetap menjadi skala prioritas bagi KNPI ke depan. Kita juga berharap kerja sama seperti ini, dapat ditingkatkan selanjutnya,” tuturnya.

Pantauan di lapangan, kegiatan yang dipusatkan di RSUTP Abdya itu juga dihadiri anggota DPRA, Muhammad Saleh, staf ahli Kodam Iskandar Muda (IM), Kolonel Inf Daddy Etoes Widodo, Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Suhartono, Wakapolres Abdya, Kompol Wahyudi Shabara, Wakil Ketua DPRK Abdya, Romi Syahputra, sejumlah kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), OKP dan masyarakat penderita bibir sumbing. (Red/Zal)