Milad GAM Tak Berpengaruh Dengan Keamanan di Abdya

oleh
Milad GAM Tak Berpengaruh Dengan Keamanan di Abdya
Milad GAM Tak Berpengaruh Dengan Keamanan di Abdya
Milad GAM Tak Berpengaruh Dengan Keamanan di Abdya

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Perayaan Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-38 yang diperingati setiap tanggal 4 Desember oleh seluruh para Komite Peralihan Aceh (KPA) di provinsi Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tidak menimbulkan kekacuan, sebab peringatan Milad tersebut diisi dengan Do’a bersama di internal KPA setempat saja.

Pantaun dilapangan, aktivitas di kabupaten dengan sembilan kecamatan itu tetap berjalan normal, aman dan kondusif. Perkantoran, pertokoan hingga pusat perbelanjaan tradisional buka seperti biasanya.

Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Suhartonom, Kamis (4/12) mengatakan, berdasarkan hasil pantauan ke sejumlah titik dalam kabupaten setempat dapat dipastikan aman dan stabil. Sebelumnya, pihak Kodim telah melakukan koordinasi dengan kepolisian dalam hal ini Polres Abdya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya milad GAM ke-38 di wilayah tersebut.

“Alhamdulilah untuk saat ini daerah kita masih aman, masyarakat juga menjalani aktivitasnya seperti biasa, kita juga telah memerintahkan para personel TNI yang ada disetiap Koramil agar tetap meningkatkan kesiagaan jelang hingga berakhirnya perayaan milad dimaksud. Sejauh ini tidak ada hal-hal yang berbau negatif yang dapat merusak perdamaian Aceh,” ujar Dandim Suhartono kepada awak Media saat memantau perkembangan kondisi dalam wilayah Abdya.

Berdasarkan informasi yang diterima, lanjut Dandim Suhartono, KPA di Abdya hanya mengisi peringatan Milad dengan kegiatan doa bersama untuk mantan kombatan GAM di kantor Sekretariat KPA Desa Geulumpang Payong Kecamatan Blangpidie, pada 6 Desember 2014 mendatang, KPA wilayah 013 Blangpidie juga akan melangsungkan kegiatan makan bersama anak yatim di makam syuhada kawasan Lama Muda Kecamatan Kuala Batee.

Untuk itu, Dandim Suhartono menghimbau agar seluruh masyarakat Abdya tetap menjaga ketertiban dan keamanan serta menjaga perdamaian Aceh yang telah terwujud dan telah dinikmati selama ini.

“Kita sudah melakukan Patroli untuk mengamankan kegiatan tesebut dan juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Aparat keamanan baik TNI/Polri tetap terus menjaga keamanan dan ketertiban Aceh dan terus memberikan rasa aman untuk seluruh rakyat Aceh. Hal ini penting untuk keberlangsungan setiap interaksi sosial masyarakat Aceh dan meningkatkan iklim investasi Aceh ke depan untuk meningkatkan perekonomian rakyat Aceh yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua KPA wilayah 013 Blangpidie, Tgk. Abdurahman Ubit secara terpisah mengakui tidak ada perayaan yang besar-besaran dalam menyambut milad GAM ke-38 itu. KPA Blangpidie hanya menggelar kegiatan doa bersama dan hanya mengikut sertakan kalangan internal seperti mantan kombatan dan politisi dari Partai Aceh.

“Kita memperingati Milad GAM kali ini hanya dengan doa bersama di kantor KPA Blangpidie, itu dilakukan oleh kalangan internal saja. Kegiatan yang kita lakukan ini pun sebelumnya telah dikoordinasi dengan pihak TNI,” singkatnya. (Red/Zal)