Operasi Zebra di Abdya Tilang Puluhan Kendaraan

oleh
Operasi Zebra di Abdya Tilang Puluhan Kendaraan
Operasi Zebra di Abdya Tilang Puluhan Kendaraan
Operasi Zebra di Abdya Tilang Puluhan Kendaraan

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Memasuki hari ketiga, pelaksanaan Operasi Zebra Rencong yang digelar Satlantas Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Jum’at (28/11) di depan Pos Gardu Lantas Jalan Nasional, Desa Keude Paya, Blangpidie, Kabupaten setempat, puluhan kendaraan terpaksa ditilang akibat melanggar Undang-Undang Lalulintas.

Kapolres Abdya AKBP Budi Samekto SIK melalui Kasatlantas Iptu Imam Syafi’i diruang kerjanya, mengatakan, untuk operasi kali ini, kebanyakan pelanggaran karena kurangnya kesadaran pengandara untuk memakai helm, tidak memiliki surat-surat kepemilikan kendaraan, juga kendaraan yang melawan arus dan melanggar lampu merah.

“Dari razia ini banyak kami menemukan pelanggaran karena tidak memiliki surat-surat baik SIM maupun STNK, tidak menggunakan helm standar dan alat perlengkapan kendaraan lainnya,” kata Imam.

Selain memeriksa SIM dan STNK, lanjut Imam, petugas juga membantu pihak Perpajakan untuk memeriksa pajak kendaraan yang sudah selesai masa berlaku serta pengendara yang tidak menggunakan helm depan belakang dan juga pengendara yang mabuk baik roda dua maupun roda empat.

Imam menerangkan, Ops Zebra Rencong 2014 ini berlangsung selama 14 hari dari tanggal 26 November sampai 09 Desember mendatang, razia dilakukan pada siang dan sore hari sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dan untuk lokasi titik razia masih dirahasiakan. “Masa operasi ini rutin setiap tahunnya dan terpusat diseluruh Indonesia,” terangnya.

Imam mengaku, kesadaran masyarakat untuk penertiban perlengkapan kendaraan masih kurang, selama melakukan razia di wilayah hukum Polres Abdya, banyak pelanggaran terjadi karena tidak ada SIM, STNK, tidak memakai helm, menggunakan knalpot racing maupun pelanggaran administrasi lainnya.

Untuk itu, pihaknya berharap adanya kesadaran dari masyarakat dalam berlalu lintas dan menjadi pelopor bagi dirinya sendiri supaya mereka selamat di jalan raya.

Sementara itu pantauan dilapangan, hingga pukul 11.00 WIB razia masih berlangsung. Kendaraan yang terjaring razia makin bertambah. Ada yang tak bisa lari dari petugas ada juga yang berhasil kabur dengan balik kanan dan mencari persimpangan untuk dilewati. (Red/Zal)