Dandim Abdya Tanam Padi Perdana di Tangan-Tangan

oleh
Dandim Abdya Tanam Padi Perdana di Tangan-Tangan
Dandim Abdya Tanam Padi Perdana di Tangan-Tangan
Dandim Abdya Tanam Padi Perdana di Tangan-Tangan

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono melakukan tanam perdana padi seluas 20 hektare di Desa Adan dan Bineh Krueng, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (12/11).

Lahan tersebut merupakan milik kelompok tani Cempaka Jaya di Desa Adan dengan luas lahan 10 hektare dan kelompok tani Cita Rasa di Desa Bineh Krueng dengan luas lahan 10 hektare, dua kelompok tani tersebut merupakan binaan Koramil 05 Tangan-Tangan.

Ketua Penyuluhan Pertanian Kecamatan  Tangan-Tangan,  Teuku Dahlian SP, dalam kesempatan itu, menerangkan tentang proses penanaman dan perendaman benih, sehingga pertumbuhan benih akan bagus dan terawat.

“Makanya harus direndam dengan air garam, kemudian diperes lagi dengan air bersih agar hilang rasa asin, maka baru dilakukan pengeraman (permentasi), dibungkus dengan daun pisang atau perlak, setelah keluar kecambah (tunas), kemudian ditutup dengan abu, hal itu mencegah dari hama,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Dalian,  abu pabrik bisa menggemburkan tanah agar sewaktu dicabut tidak putus, setelah itu ditunggu selama 14 hari baru bibit itu langsung ditanam ke lahan sawah.

“Semua itu dilakukan untuk mendorong peningkatan hasil panen padi kedepannya,” singkat Dahlian.

Amatan dilapangan, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono bersama Koramil 05 Tangan-Tangan Kapten Arh Dwi Sugiarto, didampingi Ketua Penyuluh Pertanian T Dahlian, melakukan penanaman perdana yang turut disaksikan oleh seluruh anggota kelompok tani setempat. (Red/Zal)