Kodim Abdya Ajak Petani Budidaya Jagung Hibrida

21
Kodim Abdya Ajak Petani Budidaya Jagung Hibrida

Kodim Abdya Ajak Petani Budidaya Jagung Hibrida
Kodim Abdya Ajak Petani Budidaya Jagung Hibrida

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0110 Aceh Barat Daya (Abdya) mengajak masyarakat melalui koramil-koramil yang berada di wilayah kabupaten setempat, untuk melaksanakan penanaman jagung program ketahanan pangan yang bertempat di Desa Drien Kipah, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya, Rabu (5/11)

Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Suhartono, mengajak masyarakat petani untuk kembali kepada kegiatan dasar, yaitu bertani dan berkebun, hal itu dilakukan karena semakin banyaknya lahan-lahan pertanian areal persawahan yang sudah beralih fungsi menjadi bangunan pertokoan dan perumahan masyarakat, sehingga akan menurunnya jumlah hasil panen dalam pertahunnya.

Menurut Dandim Suhartono, Kabupaten Abdya sangat mungkin menjadi daerah perdagangan karena sarana dan prasarananya cukup mendukung dan memadai, apalagi pemerintah sudah mewacanakan akan membangun pelabuhan laut teluk surin, kemudian juga telah tersedianya lapangan udara Kuala Batu,

“Potensi-potensi inilah yang akan kita manfaatkan untuk meningkatkan sumber pendapatan perekonomian bagi masyarakat kabupaten Abdya,” katanya.

Kalau pertumbuhan ekonomi rakyat membaik, lanjut Dandim Suhartono, maka hasil produksi pertanian meningkat, inflasi daerah akan bisa ditekan.

Dandim berharap, penanaman jagung ini akan terus berlanjut dan tidak menjadi proyek semusim saja, termasuk juga dibeberapa lokasi Koramil dalam wilayah Kodim 0110/Abdya.
“Petugas pertanian dan instansi terkait harus proaktif melakukan pemantauan, yaitu dengan memberikan bimbingan kepada petani dan akan dibantu oleh para Babinsa diwilayah masing-masing Koramil,” tuturnya.

Penetapan lokasi penanaman jagung program Ketahanan Pangan di Desa Drien Kipah, Kecamatan Tangan – Tangan itu, telah menempuh beberapa tahapan. Lahan tanaman seluas 4 hektare tersebut dikerjakan oleh kelompok tani Sinar Jaya dengan anggota 20 orang yang di ketuai oleh Sdr. Husaini dan dibina langsung oleh Danramil 05/ Tangan – Tangan Kapten Arh Dwi Sugiarto.

Selain Dandim, dalam kegiatan penanaman jagung program ketahanan pangan tersebut juga dihadiri Muspika Kecamatan Tangan-Tangan, Kepala penyuluh pertanian Kecamatan Tangan-Tangan Dahlian SP, Ibu-ibu Persit Kartika Chandrakirana ranting XXXII Kodim 0110/Abdya Korcab Rem 012/TU, para Keuchik dan masyarakat desa setempat. (Red/Zal)