Peran Pemuda Menghadapi Proxy War Sangat Penting

oleh
Dandim Nara: Peran Pemuda Menghadapi Proxy War Sangat Penting
Dandim Nara: Peran Pemuda Menghadapi Proxy War Sangat Penting
Dandim Nara: Peran Pemuda Menghadapi Proxy War Sangat Penting

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – Peran pemuda sangat penting dalam menghadapi proxy war secara global, demikian disampaikan dandim 0116/Nara Letkol Arm Erland Hendriatna dalam kegiatan kuliah umum dihadapan 200 mahasiswa STIAPEN Nagan Raya, Rabu(5/11)

Letkol Arm Erland Hendriatna menyatakan bahwa generasi muda harus membangun karakter yang kuat demi menjaga kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, punya wawasan kebangsaan yang tinggi sehingga dapat menangkal segala ancaman dan tantangan dari pihak luar.

“Dihadapkan dengan situasi global yang tidak menentu.peran pemuda sangat strategis utuk mampu berkompetisi disegala bidang yang meliputi aspek ipoleksosbud,” katanya.

Kepada para mahasiswa Dandim juga memaparkan mengapa pemuda diberikan pengertian tentang pengetahuan perang masa kini yang terjadi dibelahan dunia /belajar perang , karena didunia ini hanya ada dua macam pilihan hidup yaitu damai dan perang.

Menurut dia, Perang yang efektif yang digunakan oleh negara maju sekarang ini adalah proxy war yang sebelumnya menggunakan perang konvensional atau antara dua prajurit berhadapan langsung yang kita kenal dalam perang dunia pertama dan kedua yang membutuhkan banyak prajurit dan biaya sangat besar.

“Namun dalam perang modern sekarang ini dengan menggunakan proxy war tidak membutuhkan banyak prajurit atau menerjunkan prajuritnya langsung kemedan perang untuk menguasai suatu negara cukup dengan pihak ketiga ataupun melalui aspek lainnya,” ungkapnya.

Dengan pengertian dan wawasan yang telah diberikan, diharapkan para pemuda mempunyai pemahaman dan berwawasan kebangsaan yang luas karena mereka adalah calon Pemimpin, orang tua masa depan bangsa yang akan membuat jalan dan mencetak generasi bangsa menuju negara yang maju dan besar harapan kita semua.

“Pemuda diharapkan mampu menghadapi tantangan kedepan dan dapat membawa kontribusi yang positif bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara karena itu semu‎,” pintanya.(red)