Banjir Rendam Ribuan Rumah di Aceh Barat

23
Banjir Rendam Ribuan Rumah di Aceh Barat

Banjir Rendam Ribuan Rumah di Aceh Barat
Banjir Rendam Ribuan Rumah di Aceh Barat

MEULABOH | DiliputNews.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat, selama beberahari terkahir mengakibatkan ribuan rumah warga terendam banjir. Senin (03/11), Wilayah yang paling terparah terkena banjir di Kecamtan Sungai Mas, Kawai XVI, Kecamatan Woyla Barat, Woyla Timur dan Kecamatan Johan Pahlawan.

Dari informasi yang diterima DiliputNews.com, warga yang berada didataran rendah seperti di Desa Pasie Aceh, Desa Blang Beurandang, dan Desa Pasie Masjid, hingga kini terpaksa diungsikan sebab debit air mencapai 1 meter lebih dalam rumah warga.

“Akibat hujan selama 2 hari, banjir merendam seluruh rumah yang ada di Pasie Aceh dan Pasie Masjid, para korban banjir dievakusi oleh BPBD Aceh Barat dan diungsikan ke Komplek SMK dengan menyediakan dapur umum,” ungkap Ali warga setempat.

Selain itu, kata Ali banjir juga menggenangi jalan lintas Meulaboh-Tutut, sehingga jalan tersebut tidak bisa dilewati kendraan roda dua dan roda empat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Saiful AB mengatakan banjir yang melanda Aceh Barat, sejak malam hingga pagi Senin, kali ini cukup parah dan seluruh kecamatan terkena banjir.

“Harapan kami masyarakat waspada terutama yang tinggal di lereng gunung sehingga terhindari hal yang tidak diinginkan,” katanya

Untuk saat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat sudah menurunkan tim dengan dinas teknis untuk membantu korban banjir tersebut.

“Saat ini sebgaian warga sudah kita ungsikan dan disediakan dapur umum dan posko kesehatan,’ katanya.(Red/Rno)