Ratusan Rumah Di Nagan Raya Terendam Banjir

oleh
Ratusan Rumah Di Nagan Raya Terendam Banjir
Ratusan Rumah Di Nagan Raya Terendam Banjir
Ratusan Rumah Di Nagan Raya Terendam Banjir

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – Sekitar Ratusan Rumah warga di Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya terendam banjir luapan sungai Lamie, Sabtu (1/11) dini hari. akibat derasnya hajun beberapara hari terahir.

Informasi dihimpun Harian Orbit dari berbagai sember dilakisi menyebutkan, Gampong yang dilanda banjir akiban menguapnya air sungai Lamie meliputi, Gampong Penton Pange, Ujong Krung, Mon Dua, Neubok Yee PP, Neubok Yee PK, Pasie Kebeu Dom, Kabu, Pante Rawa, LKJ, Kuta Makmue, Dring Tujuh, Babah Lhung, dan Gampong Kuala Tripa.

Dari sejumlah Gampong tersebut rumah yang terendam banjir, rata-rata mencapai 50 C Meter, dan diperkirakan air akan terus naik ke permukaan, karena cuaca yang menghitam di bagian langit disisi pergunungan kawasan pujuk Krung Lamie.

Sulaiman (40), warga Gampong Ujong Krung, Kecamatan Tripa Makmur di depan rumahnya mengatakan, banjir luapan singai Lamie ini Jumat (31/10) sejak pukul 06:00 WIB dini Hari sudah mulai naik ke permukaan.

Menurunya di Gampong Ujong Krung yang terparah terendam banjir di dua Dusun, nyakni, Dusun Setia Bakti 25 sekitar KK, dan Dusun Pandangan Indah ada 15 KK “dengan kedalaman air mencapai 50 C meter di dalam rumah, kami khawatir air terus naik,”katanya.

Pihaknya berharap kepada pihak terkai untuk memperhatikan warga Kecamatan Tripa Makmur yang sudah menjadi langanan banjir itu, sebab setiap banjir mereka merasa kesulitan utuk mengamankan berbagai peralatan rumah untuk diamankan ke tempat yang tinggi.

Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Tripa Makmur, Nasruddin SPd yang dikonfirmasi Harian Orbit mengatakan, banjir yang malanda di Kecamatan Tripa Makmur sudah mulai terendam rumah warga di berbagai Gampong di Kecamatan itu.

“air terlihat terus naik, ruas jalan yang sebelunya tudak tergenang air saat ini sudah mulai air mengalir melintasi jalan. Saya sudag melaporkan kondisi banjir ini kepada BPBD Nagan Raya di Suka Makmue,” katanya.

Menurunya, yang sudag menerima laporan banjir dari warga korban Bajir nyakni, Gampong Ujong Krung, Panton Pange, Pante Rawa, dan Gampong Kabu, yang lainya belum ada laporan, tapi dengan laporan tersebut, “saya terus memonitor perkembangan banjir yang terendam rumah penduduk di wilayah itu,” katanya.(Red/Rs)