Pemko Banda Aceh Jangan Hanya Bisa Menggusur PKL

25
Pemko Banda Aceh Jangan Hanya Bisa Menggusur PKL

Pemko Banda Aceh Jangan Hanya Bisa Menggusur PKL
Pemko Banda Aceh Jangan Hanya Bisa Menggusur PKL

BANDA ACEH |DiliputNews.com – Dalam bulan-bulan ini Pemko Banda Aceh di bawah kepemimpinan Illiza sering melakukan penertiban atau penggusuran pedagang kaki lima (PKL), namun Pemko Banda Aceh tidak melakukan pemetaan lokasi PKL maupun tidak melakukan tempat atau relokasi PKL yang telah di gusur.

“Di kota – kota manapun di dunia ini Pedagang Kaki Lima tetap ada bahkan di berdayakan oleh pemerintah setempat. Beda dengan Pemko Banda Aceh yang tidak mengerti konsep penataan PKL,” Muzakkir, aktifis sekaligus pedagang di Pasar Atjeh, Jum’at (24/10).

Menurut dia, seharusnya Pemko Banda Aceh membaca kembali pemendagri tahun 2012 tentang konsep penataan PKL  dan pemberdayaan PKL.

“Sangat di sayangkan bila pemerintah Kota Banda Aceh terus-terusan melakukan penggusuran maupun penertiban PKL tampa memberikan solusi yang baik,” katanya.

Secara sosial ekonomi kata dia Pemerintah Banda Aceh sudah menghancurkan ekonomi masyarakat kecil, para PKL ini hanya mencari seuap nasi untuk bertahan hidup dengan kondisi ekonomi Aceh yang sedang kacau ini.

“PKL juga bisa membawa keuntungan bagi Pemerintah, dengan masyarakat berwirausaha beban pemerintah dalam mengatasi pengangguran bisa teratasi sedikit-sedikit,” jelasnya.

Kami sangat mengharapkan kepada Pemko Banda Aceh khususnya Walikota Ibu Illiza untuk mencari solusi yang baik bagi PKL jangan hanya mengusur tapi mari menata PKL dengan baik dan melakukan pendampingan maupun pemberdayaan PKL.

“Bila Pemko Banda Aceh tidak melakukan demikian, saya sangat kwatir bila Pemko terus-terusan melakukan penggusuran terhadap PKL,nanti mungkin tidak mungkin akan terjadi konflik yang sangat besar antara PKL dengan PKL Banda Aceh.” Pungkasnya.(red)