Elemen Sipil di Aceh Selatan Bentuk Forum Tambang

27
Elemen Sipil di Aceh Selatan Bentuk Forum Tambang

Elemen Sipil di Aceh Selatan Bentuk Forum Tambang
Elemen Sipil di Aceh Selatan Bentuk Forum Tambang

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Elemen sipil dan stakholder yang di Aceh Selatan bersepakat untuk membentuk sebuah forum yang dinamakan dengan Forum Bersama (Forbes) Pemantau Tambang Aceh Selatan (FORBES PETAS). Kegiatan pembentukan tersebut digagas oleh Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh dengan tujuan untuk mengelola tambang yang lebih baik.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Anggaran GeRAK Aceh, Fernan mengatakan lahirnya forum ini karena masih banyaknya permasalahan yang sering terjadi di sektor pertambangan, sehingga GeRAK berinisiatif untuk membentuk forum ini.

“Banyak tugas dari forum ini, yang jelas tujuan akhir forum ini adala untuk membuat tata kelola pertambangan yang lebih baik,” kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Anggaran GeRAK Aceh, Fernan, Rabu di Aula Dinas Pariwisata Aceh Selatan (23/10/2014) di Aceh Selatan.

Sebelumnya terbentuknya Forum ini, kata Fernan, GeRAK Aceh juga sudah mengelar Forum Group Discusion (FGD) dengan isu pertambangan di Aceh Selatan dengan tujuan mencari solusi terkait permasalahan yang sering terjadi di sektor pertambangan.

Fernan juga menambahkan visi dari forum ini adalah untuk terwujudnya tata kelola tambang yang baik di Kabupaten Aceh Selatan secara berkelanjutan, sehingga masyarakat bisa ikut sejahtera.

Setelah forum ini terbentuk, tambah Fernan, direncanakan forum ini akan melakukan hearing (Audiensi) dengan Pemerintah Aceh Selatan untuk melakukan pertemuan dengan agenda membicarakan terkait pertambangan yang ada di Aceh Selatan.(red)