Oknum Tenaga Kesehatan di Abdya Kerap Nongkrong Saat Jam Kerja

29
Oknum Tenaga Kesehatan di Abdya

Petugas Kesehatan Abdya
Petugas Kesehatan Abdya

BLNGPIDIE | DiliputNews.com – Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari kalangan tenaga kesehatan di bawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kerap ditemukan nongkrong di warung-warung pada jam dinas.

Bahkan tidak jarang oknum abdi masyarakat berbaju putih itu terlihat santai di sejumlah objek wisata alam seperti di kawasan Krueng Beukah Blangpidie dan tertangkap kamera wartawan sekitar pukul 10.00 WIB.

Tenaga kesehatan yang seharusnya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum. Namun sebaliknya, mereka terlihat leluasa meninggalkan tugas dan memilih duduk santai menikmati pemandangan alam pada jam kerja.

Dengan tindakan yang dinilai melanggar aturan dan disiplin pegawai itu, tampak jelas kalau banyak dari oknum tenaga kesehatan dalam kabupaten setempat kurang memiliki etika yang baik.

Pada dasarnya penyelenggaraan fungsi pelayanan publik rumah sakit ataupun Puskesmas dan sejenisnya sangat ditentukan oleh aspek internal dari instansi itu sendiri. Faktor internal rumah sakit sangat terkait dengan pengembangan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) yang mengatur peran dan fungsi dari masing-masing jenis tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit setempat.

Hal ini penting karena inti pelayanan rumah sakit dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang bemutu adalah adalah hamonisasi dari peran dan fungsi tenaga profesional yang terlibat pada rumah sakit tersebut dalam menyelenggarakan jasa pelayanan kesehatan.

Fungsi pelayanan kesehatan oleh rumah sakit akan menjadi optimal jika setiap tenaga kesehatan menurut jenis profesinya bekerja sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit, standar operasional prosedur dan standar profesinya sebagai mana yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Drs.Martunis,M.Kes melalui Sekretarisnya, Safliati MKes, Selasa (23/9) mengakui bahwa akhir-akhir ini petugas kesehatan Abdya banyak yang keluyuran pada saat jam dinas.

Akan hal itu, pihaknya telah memberikan penegasan kepada setiap kepala Puskesmas agar menerapkan aturan disiplin dengan maksimal. Sebab, jika dibiarkan terus menerus, maka akan berdampak buruk terhadap pelayanan kesehatan masyarakat, baik itu di rumah sakit hingga tingkat Puskesmas Pembantu.

“Dinas Kehatan telah menyurati setiap kepala Puskesmas untuk lebih memaksimalkan aturan, sehingga petugas kesehatan tidak dibiarkan bebas keluyuran pada jam-jam kerja,” paparnya.

Ditambahkan, pihaknya tidak memungkiri kalau memang ada petugas kesehatan yang keluyuran, namun Dinas Kesehatan akan terus memantau serta memberikan tindakan tegas kepada mereka yang melanggar ketentuan. (Red/Zal)