Stok Beras di Perum Bulog Blangpidie Masih Cukup

38
Stok Beras di Perum Bulog Blangpidie Masih Cukup

Stok Beras di Perum Bulog Blangpidie Masih Cukup
Stok Beras di Perum Bulog Blangpidie Masih Cukup

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Stok beras di Perum Bulog Sub Divre IV Blangpidie untuk masyarakat miskin di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan sekitarnya dipastikan cukup hingga lebaran Idul Adha 1435 hijriah mendatang.

Kepala Perum Bulog Sub Divre IV Blangpidie, H Basir SSos, kepada wartawan, diruang kerjanya, Rabu (17/9) menyebutkan ketersediaan beras di gudang penampungan mencapai 2000 ton lebih, diperkirakan akan memenuhi kebutuhan masyarakat hingga empat bulan mendatang.

“Kami jamin beras yang ada di Gudang Bulog aman hingga mamasuki lebaran Idul Adha mendatang dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Basir menambahkan, pasokan beras yang ditampung sebelumnya merupakan beras lokal bahkan beras dari luar Aceh. Di bagian lain lanjut Basir, berbagai cara terus dilakukan pihaknya guna menutupi kekurangan beras sehingga kebutuhan masyarakat miskin tidak terganggu dan berjalan dengan lancar.

“Beras terus kita pasok untuk menutupi kekurangan persediaan beras. Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi jika terjadi bencana ataupun musibah, persediaan beras tetap aman dan dipastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” paparnya.

Dengan stok tersebut, jelas Basir, akan mencukupi untuk kebutuhan hingga usai lebaran, jadi Perum Bulog tetap memprioritaskan penyaluran untuk masyarakat miskin melalui raskin.

“Sejauh ini penyaluran raskin tetap lancar, beras yang kita salurkan berdasarkan pagu. Meski cuaca di Abdya tidak mendukung, namun tidak menyebabkan kesulitan dalam proses distribusi,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, masyarakat tidak perlu merasa khawatir dengan persediaan beras, meskipun di Abdya saat ini belum memasuki masa tanam, stok beras akan tetap tercukupi.

“Kita harapkan dengan stok yang cukup itu diharapkan penyaluran raskin bisa dilaksanakan dengan baik, walaupan masah tanam masih terbilang lama, namun hal itu tidak mempengaruhi stok beras di Bulog,” tambahnya.

Selain memiliki beras dalam jumlah yang mencukupi, persediaan yang ada kemungkinan akan bertambah, misalnya melalui pembelian dari hasil petani lokal.

Setiap memasuki panen raya tanaman padi Perum Bulog Sub Divre VI Blangpidie menyatakan siap menampung beras produk lokal sesuai harga pembelian pemerintah (HPP).

“Kita siap menampung beras lokal dalam jumlah berapapun,” katanya meyakinkan. (Red/Zal)