Tata Kelola Sektor Pertambangan Belum Efesien Di Aceh Besar

128
Tambang/ ilsutrasi

Perusahaan Pertambangan / Ilustrasi
Perusahaan Pertambangan / Ilustrasi

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Safrizal mengkritik terkait tata kelola sektor pertambangan yang belum berjalan dengan efesien di Aceh Besar. Hal ini bisa dilihat masih seringnya terjadi konflik antara masyarakat dan perusahaan.

”Kalau masih sering terjadi konflik berarti sudah dapat dinilai bahwa belum efesiennya tata kelola tambang di Aceh Besar, ini harus segera dikelola dengan baik oleh Pemerintah,” kata Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Safrizal dalam diskusi terkait pertambangan yang dilaksanakan oleh Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh, Kamis (11/9/2014) di Hotel The Pade, Aceh Besar.

Selama ini, kata Safrizal, Konflik yang sering terjadi dikalangan masyarakat misalnya pembagian hasil dari tambang tersebut dan konflik antar kampung misalnya pembagian batas wilayah. Apalagi selama ini Pemerintah Aceh Besar masih sedikit tertutup untuk sektor pertambangan.

”Kalau Pemerintah masih terus tertutup, kedepan akan terus terjadi konflik di masyarakat, belum lagi kalau bicara masalah hasil atau dana bagi hasil yang harus didapatkan oleh masyarakat sekitar tambang, kalau ini tidak terbuka, maka konflik akan terus terjadi, dan tata kelola pertambangan tidak bisa menjadi baik,” jelasnya.

Karena itu, Jelas Safrizal, seharusnya harus ada kontribusi atau kerja sama antara Pemerintah dan masyarakat, karena pemerintah merupakan perpanjangan tangan dari masyarakat.

”Kalau ini dilakukan, saya pribadi yakin konflik tidak akan terjadi, kedepan saya sebagai dewan yang baru dilantik juga akan terus memperbaiki tata kelola sektor pertambangan, baik melalui Qanun yang perlu disahkan demi kepentingan masyarakat,” tambah Safrizal yang sering disapa Ade.

Ia juga mendesak Pemerintah Aceh Besar untuk segera mendata tambang yang belum didata, Karena sektor pertambangan merupakan salah satu sektor pendapatan yang bisa meningktkan Pendapatan daerah dan bisa juga menciptakan lapangan kerja yang banyak untuk masyarakat.(Red/Ril)