Pelantikan 25 Anggota DPRK Abdya Berlangsung Khidmat

161
Pelantikan 25 Anggota DPRK Abdya Berlangsung Khitmat

Pelantikan 25 Anggota DPRK Abdya Berlangsung Khitmat
Pelantikan 25 Anggota DPRK Abdya Berlangsung Khidmat

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Pelantikan 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) periode 2014-2019 hasil pemilihan legislatif (Pileg) pada 9 April 2014 lalu, berlangsung khitmat, meskipun ada sedikit insiden keterlambatan pihak panitia dalam memberikan naskah sumpah kepada Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tapaktuan, Salman Alfarisi SH MM atas nama Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Selasa (9/9) sekira pukul 10.30 WIB.

Pengambilan sumpah para wakil rakyat itu berlangsung di ruang rapat paripurna DPRK setempat dalam acara rapat paripurna istimewa pemberhentian Anggota DPRK periode 2009-2014 serta pengangkatan Anggota DPRK baru periode 2014-2019. Rapat dipimpin Ketua DPRK lama, M Nasir didampingi para wakilnya Rusman Alian, Elizar Lizam, SE,Ak dan dihadiri Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin, Sekda Drs Ramli Bahar, unsur Muspida serta ratusan udangan lainnya.

Mereka, 25 Anggota DPRK terpilih untuk daerah pemilihan satu (Dapil I) terdiri dari, Iskandar dan Zaman Akli dari Partai Aceh (PA), Yusran (Nasdem), Romi Syah Putra (Demokrat), Jismi (PAN), Rusydy Nyak (Hanura) dan Saiful Asmadi (PBB). Sementara untuk Dapil II terdiri dari, Syarifuddin, Zulkifli Isa dan Drs. Syarifuddin, M dari PA, Ismawati (Demokrat), Zulkarnaini (Gerindra), Dedi Suherman (PAN), Zul Ilfan (PKB), Syamsul bahri (NASDEM), Teuku Indra, SE (PNA), Julinardi (Hanura).

Sedangkan wakil rakyat untuk Dapil III terdiri dari Umar dan Khairuddin dari PA, Nurdianto (Demokrat), Muslidarman (PKB), Syamsul, SP (Nasdem), Mahmud Hasyem (PAN), Mukhlis AW (PKPI) dan Agusri Samhadi SHI (Golkar).

Dalam rapat yang digelar setiap lima tahun sekali itu menetapkan Zaman Akli sebagai Ketua DPRK Abdya sementara dan wakilnya Romi Syah Putra.

Sebelumnya, Ketua DPRK Abdya periode 2009-2014, M Nasir dalam kesempatan itu, menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota dewan yang baru dilantik dengan harapan dapat lebih memajukan Abdya serta gigih dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

Usai pengambilan sumpah, pimpinan sidang langsung diserahkan kepada ketua sementara, yang menyambut baik amanat Ketua DPRK yang baru saja berakhir, mereka berjanji akan melanjutkan tugas-tugas serta tanggung jawab yang diberikan serta lebih fokus kepada kesejahteraan masyarakat sebagai implementasi pengabdian kepada bangsa dan negara selama lima tahun kedepan.

“Pascapelantikan ini, yang lebih utama akan dilakukan adalah pembuatan tata tertib (Tatib) anggota DPRK Abdya, sebab hal ini sangat diperlukan sebagai pondasi awal dalam menjalankan tugas dan amanah dari rakyat Abdya yang telah memberikan amanah melalui kepercayaan yang diberikan pada Pemilihan Legislatif lalu,” ujar Zaman Akli. (Red/Zal)