Pemkab Aceh Selatan Akan Bangun Perkantoran Di Pegunungan

52
Kantor Bupati Aceh Selatan

Kantor Bupati Aceh Selatan
Kantor Bupati Aceh Selatan

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Dalam rangka perluasan serta memperindah Kota Tapaktuan menjadi Ibu kota kabupaten yang refresentatif, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan berencana akan membangun kompleks perkantoran di Pegunungan Desa Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan.

Tahap pertama dalam tahun 2014 ini akan dibangun dua kantor yakni Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang sumber anggarannya berasal dari APBN dan Otsus.

Di pilihnya kawasan pegunungan Desa Lhok Bengkuang, menjadi lokasi pembangunan kantor pemerintah tersebut, karena di daerah itu terdapat lahan dataran yang cukup luas, sehingga dinilai sangat strategis untuk dibangun kompleks perkantoran.

Sebab, bukit yang berlokasi persis di atas jantung Kota Tapaktuan itu juga berhadapan langsung dengan lautan Samudera Hindia sehingga dinilai akan membangkitkan semangat atau etos kerja para pegawai dan juga masyarakat umum ketika melihat pemandangan alam yang mempesona dari atas gunung.

“Untuk tahap pertama di kawasan pegunungan Lhok Bengkuang tersebut akan dibangun dua kantor pemerintah yakni PU dan BPBD. Proses pekerjaannya saat ini sedang berlangsung yakni sedang dikerjakan pendataran lokasi pembangunan,” kata Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH, Senin (8/9).

Bupati mengatakan, program pembangunan sejumlah kantor di kawasan perbukitan itu adalah sebagai upaya Pemkab Aceh Selatan untuk pengembangan kawasan Kota Tapaktuan sebagai ibu kota kabupaten yang mulai padat dari bangunan gedung pemerintah dan rumah masyarakat.

“Dengan adanya kantor-kantor pemerintah di atas perbukitan nantinya akan menjadi daya tarik bagi orang luar yang ingin melihat panorama alam pegunungan dan lautan hindia dari atas perbukitan yang cukup indah mempesona,” ujar bupati.

Menjawab pertanyaan terkait sarana jalan ke kawasan perbukitan, bupati memaparkan, untuk sarana jalan menuju ke kawasan kantor di atas perbukitan, nantinya akan dibangun jalan dua jalur dari Ujung Pasir Desa Lhok Bengkuang Timur hingga ke lokasi kantor dimaksud yang berada di atas bukit.

“Untuk sarana jalan, nantinya akan kita bangun jalan dua jalur dan jalan melengkung dari atas gunung hingga ke lereng-lereng, supaya memudahkan masyarakat melakukan aktivitas dengan adanya jalan itu,” paparnya.

Pembangunan sejumlah kantor di kawasan pegunungan, menurut bupati bukan semata-mata untuk keindahan, tetapi sebagai upaya pihaknya untuk menata kawasan Kota Tapaktuan supaya lebih indah dan refresentatif, sesuai visi dan misi Bupati Aceh Selatan yang bertekad akan merubah wajah Kota Tapaktuan sebagai Ibu Kota Kabupaten dari yang ada sekarang.

Selain itu, untuk menata Kota Tapaktuan menjadi tujuan wisata masa depan, di lokasi reklamasi pantai Taman Pala Indah, di antara bibir pantai juga akan dibangun jembatan penghubung menuju simpang empat depan Taman Putri Selatan, hingga menuju ruas jalan ke gunung Subaliek.

“Mudah-mudahan program ini dapat terwujud, sehingga Kota Tapaktuan indah dipandang mata,” tandas bupati.(Red/Ant)