Aksi Tuntut Gubernur Aceh Mundur Dari Jabatan

22
Aksi Tuntut Gubernur Aceh Mundur Dari Jabatan

Aksi Tuntut Gubernur Aceh Mundur Dari Jabatan
Aksi Tuntut Gubernur Aceh Mundur Dari Jabatan

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Ratusan pendemo yang tergabung dalam Barisan Penyelamat Pemerintah Aceh menuntut Gubernur Aceh mundur dari jabatannya karena tidak mampu memakmurkan dan menyejahterakan rakyat.

Tuntutan tersebut disampaikan dalam unjuk rasa di depan Gedung DPR Aceh di Banda Aceh, Senin 8 September 2014.

Dalam aksi yang diikuti sebagiannya perempuan mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

Aksi yang berlangsung di ruas Jalan Tgk Daud Beureueh tersebut sempat menimbulkan kemacetan. Apalagi massa tidak diperkenankan masuk ke halaman gedung dewan karena pintu utama kantor wakil rakyat tersebut dijaga puluhan personel Satpol PP.

Muzakir Reza Pahlevi, koordinator aksi, dalam orasinya mengatakan bahwa Pemerintah Aceh sudah hancur di bawah kepemimpinan Doto Zaini (Zaini Abdullah).

“Turunkan Doto Zaini. Doto Zaini tidak pernah menempati janji politiknya, karena itu kami kemari, menuntut Doto Zaini mundur dari jabatannya,” teriak Muzakir Reza Pahlevi yang disambut yel-yel pengunjuk rasa.

Muzakir menyebutkan, Doto Zaini selama menjabat Gubernur Aceh hanya memperkaya diri dan kroni-kroninya. Sementara, rakyat Aceh dibiarkan miskin dan kemiskinan di provinsi ini terus meningkat.

“Jutaan rakyat Aceh belum merasakan kesejahteraan di bawah kepemimpinan Doto Zaini. Angka kemiskinan di bawah kepemimpinan Aceh terus meningkat,” ungkap Muzakir Reza Pahlevi.

Agusta Mukhtar, orator lainnya, menyatakan pihaknya mendesak anggota DPR Aceh untuk terbuka hati nuraninya menanggapi tuntutan massa Barisan Penyelamat Pemerintah Aceh.

“Yang datang ke gedung dewan ini adalah para korban konflik. Mereka belum pernah menikmati kesejahteraan selama dua tahun setengah Doto Zaini memimpin Aceh,” ungkap Agusta Mukhtar.

Menurut dia, sembilan tahun perdamaian Aceh berlangsung. Namun, kesejahteraan hanya dinikmati rezim-rezim penguasa. Rakyat korban konflik tidak pernah menikmati. Korban konflik masih berjibaku dengan kemiskinan.

“Turunkan rezim Zaini Abdullah. Aceh harus dipimpin orang yang mampu mewujudkan kemakmuran rakyat Aceh. Kami tidak akan mundur sebelum Zaini Mundur dari kekuasaannya,” ketus Agusta Mukhtar yang disambut yel-yel pengunjuk rasa.

Sementara itu, Barisan Penyelamat Pemerintah Aceh dalam pernyataan sikapnya menyatakan mendesak DPR Aceh segera membentuk panitia khusus atau pansus pemakzulan Zaini Abdullah.

Selain itu, mendesak DPR Aceh mengevaluasi Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Zaini Abdullah. Serta mendesak DPR Aceh menyelesaikan seluruh permasalahan yang terjadi di Aceh.(Red/Ant)