344 Calon Mahasiswa AKN Aceh Barat Daya Ikut Seleksi

  • Whatsapp
344 Calon Mahasiswa AKN Aceh Barat Daya Ikut Seleksi
banner 468x60
344 Calon Mahasiswa AKN Aceh Barat Daya Ikut Seleksi
344 Calon Mahasiswa AKN Aceh Barat Daya Ikut Seleksi

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Sebanyak 344 calon mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat Daya mengikuti ujian masuk, Minggu 7 September 2014. Ujian digelar di SMP Negeri 2 Blangpidie.

Untuk tahun pertama, AKN Aceh Barat Daya menerima 120 mahasiswa untuk dua jurusan: Teknologi Hasil Perikanan dan Teknologi Pangan. Setiap jurusan diisi 60 mahasiswa.

Muat Lebih

banner 300250

Ujian calon angkatan perdana AKN itu dipantau langsung Bupati Aceh Barat Daya Jufri Hasanuddin. Bupati datang didampingi Sekretaris Daerah Aceh Barat Daya Ramli Bahar, legisator Hermansyah, dan Krisna Mukti dari Bagian Kerjasama Politeknik Pertanian (Politani) Payakumbuh, Sumatera Barat.

Kepada mahasiswa yang mengikuti ujian, Bupati Jufri berpesan agar mereka serius dan bersaing secara sehat.
“Serius mengikuti seleksi dan setelah lulus serius untuk kuliah. Jangan sia-siakan perjuangan teman-teman kita yang telah bersusah payah menghadirkan Akademi Komunitas ini ke Aceh Barat Daya,” ujar Bupati Jufri.

AKN Aceh Barat Daya, kata Jufri, berdiri berkat lobi-lobi para putra terbaik daerah itu seperti almarhum Wakil Bupati Aceh Barat Daya Yusrizal Razali, Weri, Ubairizal, dan Sarjanuddin.

Bupati Jufri juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya sudah menyubsidi semua biaya perkuliahan AKN pada tahun pertama.”Kalau ada yang kutip uang, laporkan kepada saya, karena ini semua gratis,” katanya.

Pada tahun ajaran 2014/2015, AKN Aceh Barat Daya mendapatkan suntikan dana dari APBN-Perubahan senilai Rp1,18 miliar. Selain itu, ada dana pendamping melalui APBK-Perubahan Aceh Barat Daya senilai Rp1,65 miliar.

Krisna Mukti dari Politani Payakumbuh mengatakan, AKN Aceh Barat Daya yang pertama mereka bina di Aceh. “Fasilitasnya luar biasa, kampusnya sudah ada, tinggal merapikan,” ujarnya. Nantinya, AKN Aceh Barat Daya selain memiliki dosen dari lokal, juga mendapat tenaga pengajar dari Politani Payakumbuh.

Sementara untuk hasil ujian akan diumumkan pada Selasa, 9 September di kantor AKN Aceh Barat Daya. Dan untuk daftar ulang dimulai 11-12 September. AKN Aceh Barat Daya menargetkan kuliah perdana dimulai pada Senin 22 September.[Red/Ril]

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60