Warga Abdya Kecewa, Website Pendaftaran CPNS Aceh Belum Jelas

23
Tes CPNS / Ilustrasi

Tes CPNS / Ilustrasi
Tes CPNS / Ilustrasi

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan sekitar yang hendak melamar sebagai calon pegawain negeri sipil (CPNS) terancam tidak bisa mengikuti pendaftaran dan tes. Pasalnya, hingga Kamis (4/9) website (laman) pendaftaran CPNS khususnya untuk wilayah pantai Barat Selatan Aceh termasuk Abdya belum bisa diakses, sehingga proses pendaftaran pun belum bisa dilakukan.

Pendaftaran yang dilakukan secara online itu belum bekerja secara maksimal, padahal awal pendaftaran CPNS telah dimulai sejak 20 Agustus 2014 lalu, hingga menjelang akhir pendaftaran yang ditetapkan pada 7 September 2014 mendatang para pelamar tetap saja belum bisa melakukan pendaftaran, sebab laman yang dimaksud tidak menyediakan keterangan yang mencukupi seperti daftar pilihan daerah tujuan pendaftar CPNS daerah setempat.

Kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan, karena tidak sedikit calon pelamar yang menunggu kepastian jadwal pendaftaran yang akurat, bahkan mereka terpaksa harus bolak-balik mengunjungi warung internet (warnet) atau tempat layanan internet lainnya guna mengakses laman itu. Namun, tetap saja apa yang mereka upayakan setiap hari itu tidak membuahkan hasil untuk mendaftar. Bahkan terpantau, belum seorang pun masyarakat kabupaten setempat yang berhasil mengakses dan mengisi formulir pendaftaran secara online.

Dian warga Kecamatan Blangpidie mengaku kecewa dengan sistem pendaftaran yang hingga sekarang masih bermasalah itu. Kondisi ini jelas sangat merugikan masyarakat terutama calon pelamar yang setiap harinya membuang waktu untuk mengakses laman pendaftaran tersebut.

“Setiap hari diakses dengan harapan bisa mendafatar, namun tetap saja bermasalah. Padahal untuk sejumlah instansi seperti di kementerian dan daerah lain telah bisa melakukan pendaftaran dengan maksimal tanpa adanya gangguan ataupun kesalahan teknis,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Abdya, Edy Daryanto, SE mengakui bahwa proses pendaftaran masih belum bisa dilakukan dan hal tersebut berlangsung sejak dimulainya pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dikatakan, hingga sekarang untuk wilayah Aceh hanya baru empat kabupaten yang telah dikeluarkan formasinya diantaranya, Kabupaten Aceh Singkil, Pidie, Abdya dan Aceh Besar. Akan tetapi proses pendaftaran masih belum bisa dilakukan dan pihaknya tidak memastikan kapan pendaftaran bisa dilakukan.

“Umumnya untuk wilayah Aceh masih belum bisa melakukan pendaftaran, untuk formasi Abdya saja baru beberapa hari lalu diumumkan melalui laman https://panselnas.menpan.go.id, bahkan masih banyak kabupaten kota lainnya di Aceh yang belum diumumkan formasinya,” terangnya.

Menurutnya, kemungkinan besar jadwal pendaftaran akan diperpanjang, sebab masih sangat banyak kabupaten/kota di Aceh bahkan didaerah lain yang belum bisa melakukan pendaftaran. “Kami harapkan masyarakat tetap bersabar, dan kemungkinan besar jadwal pendaftaran akan diperpanjang,” katanya. (Red/Zal)