ACSTF Dan DPRA Diskusikan Riset Kinerja 2014

oleh
ACSTF Dan DPRA Diskusikan Riset Kinerja 2014
ACSTF Dan DPRA Diskusikan Riset Kinerja 2014
ACSTF Dan DPRA Diskusikan Riset Kinerja 2014

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Lembaga riset, Acehnese Civil Society Task Force (ACSTF) menggelar audiensi dengan Sekretariat Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) guna mempresentasikan rencana penelitian tentang kinerja anggota parlemen Aceh periode 2009-2014.

Perwakilan ACSTF disambut oleh Kepala Sekertaris Dewan DPRA Ahmad Hamid Zein di ruang kerjanya, Jumat pagi 25 Juli 2014.

Seperti di ketahui Periode anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aeh (DPRA) tahun 2009-2014 akan segera berakhir. Tentunya telah banyak hasil yang diraih, terutama dalam menjalankan fungsinya dalam bidang Anggaran, Monitoiring dan Legislasi selama periode 5 tahun tersebut.

Oleh sebab itu menggerakkan Civil Society Task Force (ACSTF) untuk melakukan penelitian kinerja anggota DPRA dalam menyelesaikan tupoksi tugas mereka. Seperti mengesahkan produk hukum atau qanun sebagai payung hukum dalam melaksanakan tata kelola pemerintah yang baik.

“Jadi dalam waktu dekat kita ACSTF akan melakukan kejian tentang produk qanun yang telah dibuat oleh DPRA,” tegas Sekretaris Jendral, ACSTF, Juanda Djamal, Jumat (25/7) di hadapan Sekretris Dewan di Banda Aceh.

Disampaing itu, ACSTF juga igin melihat bagaimana keterlibatan atau partisipasi publik dalam merancang setiap qanun yang telah disahkan. Sejauh maa qanun tersebut yang telah disepakti memiliki pengaruh partisipasi publik sesuai dengan amanah Qanun Aceh Nomor 5 tahun 2011 tentang Tata Cara Pembentukan Qanun.

“Kajian ini penting sebagai tolak ukur atau evaluasi kinerja DPRA khususnya dalam pembuatan qanun dan sebagai bahan masukan untuk pihak lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, Sekwan DPRA, Ahmad Hamid Zein menyambut baik keinginan ACSTF untuk melakukan penelitian tersebut. Diharapkan dengan adanya penelitian ini bisa menjadi masukan untuk kinerja anggota DPRA periode yang akan datang.

“Kita menyambut baik keinginan ACSTF, kami siap membantu ACSTF dalam penelitian ini,” tutupnya.[Advertorial]