Jalan Komplek Pasar Blangpidie Memprihatinkan

oleh
Jalan Komplek Pasar Blangpidie Memprihatinkan
Jalan Komplek Pasar Blangpidie Memprihatinkan
Jalan Komplek Pasar Blangpidie Memprihatinkan

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Ruas jalan di kawasan kompleks Pasar Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) semakin memprihatinkan. Pasalnya kondisi jalan yang saat ini sudah rusak parah dibiarkan terlantar begitu saja tanpa ada kejelasan kapan akan diperbaiki.

Pantauan di lapangan, Rabu (23/7) kondisi jalan yang semula telah diaspal itu sekarang hanya tinggal bongkahan aspal yang penuh lubang di setiap ruas jalan yang mengarah ke toko-toko pedagang kelontong, pasar ikan, pasar sayur termasuk ruas jalan menuju toko-toko yang menyediakan bumbu dapur.

Dalam kondisi yang rusak parah dan butuh perhatian serius itu hendaknya harus segera diperbaiki. Karena kondisinya, sangat mempengaruhi arus mobilitas sepeda motor hingga para konsumen yang berbelanja disetiap hari.

M Din salah seorang pedagang di kawasan tersebut mengatakan, terdapat banyak lubang pada ruas jalan dalam kompleks pasar ini, sehingga kendaraan dan pejalan kaki yang melintasi kompleks pasar harus ekstra hati-hati, sebab ruas jalan itu kerap digunakan para pengguna pasar dalam menjalankan aktifitas pasar.

Kondisi itu telah berlangsung sejak setahun terakhir dan sangat mengganggu kenyaman para pedagang serta para pembeli yang ramai berdatangan, apalagi selama bulan Ramadhan ini. “Kalau hujan, kondisinya akan lebih parah, genangan air di berbagai titik membuat aktifitas pasar menjadi terganggu, bahkan banyak pembeli yang mulai merasa enggan untuk masuk ke dalam kompleks pasar,” ujarnya.

Agus, pengunjung pasar Blangpidie secara terpisah sangat menyayangkan sikap pemerintah setempat yang terkesan tutup mata dengan kondisi pasar Blangpidie yang telah sejak lama menjadi pusat perdagangan ibu kota Kabupaten setempat.

“Hingga sekarang jalan ini belum pernah mendapat perawatan ataupun perbaikan. Untuk berbelanja dengan berjalan kaki saja sudah susah, apalagi jika kondisi hujan, ruas jalan ini akan penuh dengan genangan air,” tuturnya.

Sementara itu Camat Blangpidie, Adnan SH mengakui bahwa kerusakan jalan kompleks pasar Blangpidie itu telah berlangsung sejak setahun terakhir dan hingga sekarang belum mendapatkan perbaikan.

Namun, kata Adnan, perencanaan perbaikan itu telah diusulkan dan diperkirakan pada tahun 2015 mendatang jalan tersebut akan diperbaiki. “Perbaikan jalan itu telah diusulkan, kemungkinan besar akan diperbaiki pada tahun 2015 mendatang. Kita berharap pedagang dan masyarakat tetap bersabar dengan kondisi pasar saat ini,” singkatnya. (Red/Zal)