Hasil Rapat Pleno KIP, Prabowo-Hatta Menang Di Aceh

oleh
Hasil Rapat Pleno KIP, Prabowo-Hatta Menang Di Aceh
Hasil Rapat Pleno KIP, Prabowo-Hatta Menang Di Aceh
Hasil Rapat Pleno KIP, Prabowo-Hatta Menang Di Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 yang dilakukan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Jum’at (18/7), Pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta unggul di Aceh dengan perolehan suara sah sebesar 1.089.290 atau sekitar 54,4 persen.

Sementara, pasangan nomor urut 2, Jokowi-Jusuf Kalla memperoleh suara sebesar 913.309 suara sah atau sekitar 45,6%. seperti yang dilansir di Habacriminal.com.

“Hasil rekapitulasi suara dari 23 kabupaten/kota, Probowo-Hatta memperoleh suara sah sebesar 1.089.290 atau sekitar 54,4 persen. Sementara lawannya, Jokowi-Jusuf Kalla memperoleh suara sebesar 913.309 suara sah atau sekitar 45,6%,” kata Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi.

Ia menjelaskan, Dari 23 kabupaten/kota yang memberikan hasil perhitungan suara, pasangan nomor urut dua tersebut menang di enam kabupaten yakni Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah, Aceh Tengah, Simeulue, Gayo Luwes, dan Nagan Raya. Sementara 17 kabupaten/kota lainnya dimenangkan oleh pasangan nomor urut satu.

Ditambahnya, Pesta demokrasi yang berlangsung lima tahun sekali ini berjalan dengan aman dan lancar. Dia juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya di TPS-TPS di seluruh Aceh.

“Alhamdulillah saya melihat berjalan aman, damai dan lancar,” ungkapnya.

Dari Pantauan, rapat pleno tersebut diketuai oleh Ridwan Hadi dan diikuti oleh seluruh komisioner KIP Aceh serta KIP kabupaten/kota serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh serta saksi dari kedua pasangan kandidat calon presiden tersebut.(Red/HB)