Mahasiswa Aceh Gelar Shalat Ghaib Untuk Palestina

oleh
Mahasiswa Aceh Gelar Shalat Ghaib Untuk Palestina
Mahasiswa Aceh Gelar Shalat Ghaib Untuk Palestina
Mahasiswa Aceh Gelar Shalat Ghaib Untuk Palestina

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Puluhan mahasiswa Aceh menggelar shalat gaib untuk warga Gaza, Palestina, yang menjadi korban pembantaian akibat serangan Israel dalam sepekan terakhir. Shalat gaib dilaksanakan di badan jalan depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Shalat gaib diikuti jamaah lelaki dan perempuan itu dipimpin Ali Hijrah.

Selain shalat gaib, massa mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Aceh menggelar orasi di tempat itu. Dalam unjuk rasa tersebut, mahasiswa membentangkan spanduk bertulis “Ya Allah Hancurkanlah Zionis Israel” dan “Save Palestina #Pray for Gaza”.

Tuanku Muhammad, koordinator aksi, mengatakan, aksi ini merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan terhadap rakyat Palestina yang menjadi korban kebiadaban Zionis Israel.

“Kami mengecam dan mengutuk aksi Zionis Israel terhadap rakyat Palestina, khususnya Gaza. Kebiadaban mereka menyebabkan puluhan rakyat tidak berdosa menjadi korban,” ketus Tuanku Muhammad.

Selain di Banda Aceh, kata dia, aksi serupa juga dilakukan di sejumlah kabupaten/kota di Aceh. Selain menggelar shalat gaib dan orasi jalanan, massa mahasiswa juga mengumpulkan sumbangan masyarakat untuk membantu rakyat Palestina.

“KAMMI sebagai organisasi kepemudaan menaruh perhatian kepada warga Palestina yang dizalimi oleh Zionis Israel di bulan suci Ramadhan ini. Solidaritas kepada mereka yang dizalimi merupakan bagian dari perintah Al Quran,” katanya.

Sementara itu, Ketua KAMMI Wilayah Aceh Darlis Aziz mengatakan aksi solidaritas terhadap rakyat Palestina ini terus berlanjut, terutama menggalang dana bantuan dari masyarakat Aceh. “Dana bantuan ini akan kami salurkan melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina atau KNRP.

Kami juga membuka layanan jemput donasi bagi yang ini berkontribusi menyumbangkan dananya untuk rakyat Palestina,” kata Darlis Aziz.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh Tgk Faisal Ali mengimbau umat muslim khususnya di Aceh agar melaksanakan Qunut Nazilah untuk rakyat Palestina yang sedang digempur militer zionis Israel.