Tim Safari Ramadhan Kunjungi Sejumlah Mesjid di Abdya

oleh
Tim Safari Ramadhan Kunjungi Sejumlah Mesjid di Abdya
Tim Safari Ramadhan Kunjungi Sejumlah Mesjid di Abdya
Tim Safari Ramadhan Kunjungi Sejumlah Mesjid di Abdya

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam rangka menyemarakkan gema dakwah dan syiar selama bulan suci Ramadhan 1435 hijriah kembali membetuk tim safari yang akan disebarkan ke seluruh masjid yang ada di sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat.

Tim safari Ramadhan yang dibentuk tersebut akan bertugas melaksanakan salat tarawih bersama dengan masyarakat setempat serta memberikan ceramah keagamaan kepada jamaah masjid.

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Abdya, Rajuddin, S.Pd,MM, Jumat (11/7) mengatakan, berdasarkan surat keputusan Bupati Abdya, nomor 314 tahun 2014, tentang pembentukan tim safari Ramadhan tingkat kabupaten bahwa tim safari tersebut terdiri dari Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin, unsur forum komunikasi pimpinan kabupaten (Forkompinkab) Abdya, anggota DPRK Abdya, seluruh satuan kepala perangkatkerja kabupaten (SKPK), ulama, ormas Islam, wartawan, personel Satpol PP dan WH serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Dijelaskan, kepada seluruh pejabat dan pihak-pihak terkait yang tergabung kedalam tim safari Ramadhan sebelum melakukan perjalanan ke tempat tujuan, terlebih dahulu akan berkumpul di Pendopo Bupati Abdya guna melakukan perjalanan secara bersama. Selain itu, kegiatan berbuka puasa bersama juga dilakukan pada lokasi masing-masing sesuai arahan yang telah ditentukan oleh para camat, sehingga kebersamaan akan terus terjalin.

“Tim safari Ramadhan ini kita bagi dalam beberapa kelompok dengan tujuan gema syiar Islam dapat tersalurkan kepada jamaah masjid yang ada sembilan dalam Kabupaten Abdya,” ujarnya.

Kegiatan safari Ramadhan itu sendiri akan dimulai pada Jumat (11/7) malam dengan tujuan masjid yang akan dikunjungi yaitu masjid-masjid yang ada di Kecamatan Tangan-Tangan dan Kecamatan Manggeng.

Untuk malam kedua tim safari akan menuju ke masjid-masjid yang ada di Kecamatan Lembah Sabil, malam ketiga untuk Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot, pada malam keempat di Kecamatan Susoh dan Jeumpa dan pada malam terakhir di lakukan di masjid-masjid yang tersebar dalam Kecamatan Setia dan Blangpidie.

“Untuk Bapak Bupati Abdya pada malam pertama akan bersafari Ramadhan ke Masjid Miftahul Jannah Gampong (desa) Pante Geulumpang Kecamatan Tangan-Tangan, sedangkan untuk masjid-masjid lain yang juga pada malam yang sama akan diketuai Sekda Abdya, para asisten dan staf ahli,” sebutnya.

Adapun tujuan lain dari kegiatan safari Ramadhan itu selain bersilaturahim dan menjalankan ibadah tarawih bersama warga disetiap kecamatan, juga dimaksudkan menjaring masukan dan aspirasi langsung dari warga terkait permasalahan pembangunan, untuk kemudian ditindaklanjuti.(Red/Zal)