Di Abdya, Kotak Suara Ditemukan Tak Bersegel

oleh
Kertas Suara Pemilihan Presiden / Ilustrasi
Kertas Suara Pemilihan Presiden / Ilustrasi
Kertas Suara Pemilihan Presiden / Ilustrasi

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Saat proses pendistribusian logistik pemilihan presiden (Pilpres) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (8/7), Panwaslu setempat menemukan tiga unit kotak suara yang berisi logistik surat suara yang tidak tersegel pada bagian atas tong.

Melihat kondisi tersebut, aparat kepolisian yang bertugas mengamankan proses pendistribusian meminta pihak penyelenggara untuk memeriksa kembali keutuhan tiga kotak suara tersebut. Namun setelah diperiksa, kondisi surat suara masih dalam kondisi tersegel, hanya saja bagian dari kotak suara yang terlupakan oleh petugas untuk melakukan penyegelan.

“Kemungkinan besar ini merupakan kesilapan dari petugas yang lupa memasang tanda segel pada bagian atas kotak suara, yang penting kondisi surat suara masih utuh dan dibuktikan dengan kondisi amplop yang masih tersegel dengan rapi dan yang pasti kotak suara akan disegel kembali,” paparnya.

Selain itu, juga ditemukan kotak suara yang bertuliskan yel-yel salah satu nama calon presiden yang diperkirakan dengan sengaja dituliskan oleh oknum petugas penyortiran atau pun pengepakan pada bagian samping kotak suara.

Tulisan berbau pesan kampanye tersebut sempat mengundang perhatian dari pihak-pihak terkait yang berada di lokasi untuk memantau jalannya proses pendistribusian.

“Ada-ada saja tingkah laku oknum petugas pengepakan, tindakan itu sangat jelas bertujuan untuk menghambat proses pendistribusian logistik. Lain kali, kalau merekrut petugas penyortiran, pelipatan hingga pengepakan logistik carilah orang yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya,” ujar Komisioner KIP Abdya, Said Maskur. (Red/Zal)