Partai Demokrat Usulkan Dua Calon Wakil Walikota Banda Aceh

oleh
Pemilihan Wakil Walikota Banda Aceh Rawan Money Politik
Partai Demokrat Usulkan Dua Calon Wakil Walikota Banda Aceh
Partai Demokrat Usulkan Dua Calon Wakil Walikota Banda Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Partai Demokrat mengusulkan dua kandidat sebagai wakil walikota Banda Aceh, masing masing Yudi Kurnia dan Nova Iriansyah.

Usulan dua nama tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan wakil walikota Banda Aceh sejak dilantiknya Wakil Walikota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal sebagai Walikota Banda Aceh oleh Gubenrur Aceh Zaini Abdullah, pada 16 juni 2014 lalu.

“Ia, Saya sudah menerima dua nama dari DPP Partai Demokrat sebagai kandidat Wakil Walikota Banda Aceh” Kata Walikota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal, (7/7/2014) di Banda Aceh.

Illiza mengaku, sejauh ini ada empat partai yang berkoalisi pada saat dirinya bersama alm Mawardi Nurdin mencalonkan sebagai Walikota dan Wakil Walikta Banda Aceh,

“Ada empat partai yang berkoalisi saat itu, masing masing Partai Demokrat, PAN, PPP dan Partai SIRA, sementara yang baru menyerahkan nama kandidatnya sebagai calon Wakil Walikota Banda Aceh yaitu baru Partai Demokrat dan kemungkinan partai pengusung lain juga aka mengusul kandidatnya,” akunya.

Terkait siapa yang akan menjadi pedampingnya Illiza mengaku, tidak ada permasalahan baginya, “ bagi saya siapapun yang menjadi wakil walikota nantinya tidak ada permasalahan, artinya bagaimana jalan baiknya sajalah, dan insyaallah dalam waktu dekat akan dilakukan pelantikan”, akunya.

Seperti diberitakan sebelumnya, (Nova Iriansyah, Calon Wakil Wali Kota Banda Aceh Usulan DPC)- Ketua Partai Demokrat Aceh Nova Iriansyah mengaku bahwa dalam penetapan nama yang diusulkan untuk calon Wakil Walikota Banda Aceh nantinya sepenuhnya keputusan DPC Partai Demokrat Banda Aceh.

“Dewan Pimpinan Daerah (DPD) maupun Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat tidak akan mengintervensi calon wakil wali kota yang akan diajukan DPC Partai Demokrat Kota Banda Aceh , untuk Calon nantinya yang usulkan sepenuhnya dari DPC,” kata Noval senin (3/3/14) di Banda Aceh.

Noval juga mengatakan bahwa Pengurus DPC Demokrat Banda Aceh harus benar benar konkrit dalam mengajukan siapa yang akan dicalonkan sebagai Wakil Walikota Banda Aceh nantinya. “Nanti yang diusulkan, tentu harus dari kader partai terbaik. Jadi, kami di provinsi tidak akan mengintervensi keputusan DPC Kota Banda Aceh. Asal, pemilihan calonnya sesuai mekanisme partai dan sesuai Undang undang,” kata Nova Iriansyah.

Sebelum diusulkan nama yang akan menjadi calon Wakil Walikota Banda Aceh, DPC harus melakukan rapat pleno dan membahas sesuai aturan dan dirapikan sesuai Undang Undang yang berlaku. Harpanya (Red/Dedex KTB).