Kodam IM Dan Polda Aceh Gelar Apel Kesiapan Keamanan Pilpres

oleh
Kodim IM Dan Polda Aceh Gelar Apel Kesiapan Keamanan Pilpres
Kodim IM Dan Polda Aceh Gelar Apel Kesiapan Keamanan Pilpres
Kodam IM Dan Polda Aceh Gelar Apel Kesiapan Keamanan Pilpres

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Dua hari jelang pemilu Presiden (Pilpres) Rabu 9 Juli 2014 mendatang, TNIPolri di Aceh melakukan apel kesiapan pemilu presiden pagi tadi di lapangan Blang Padang Banda Aceh, Senin (7/7).

Dalam apel gabungan tersebut di ikuti ribuan personel TNI dan Polri yang dilengkapi dengan alat-alat pendukung keamanan berupa sepuluh unit mobil kendaraan Barakuda dan puluhan motor trail juga satu unit helikopter milik Kodam Iskandar Muda yang akan melakukan pemantaaun udara saat pilpres Juli nanti.

Apel gabungan yang dipimpin Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi dan Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Purwadi beragendakan pengecekan kesiapan personil dan alat dalam pengamanan pilpres yang akan berlangsung Rabu 9 Juli 2014 serta pelepasan personel untuk pengamanan 9508 TPS yang tersebar di 23 Kabupaten kota di Aceh.

Dengan pergeseran pasukan ini, dia mengharapkan seluruh jajaran Polda Aceh memberlakukan status siaga satu untuk mengawal dan mengamankan pemungutan suara di seluruh TPS-TPS di Aceh. Dan seluruh jajaran Polda menjalankan tugas secara profesional dan dapat menjunjung tinggi azas netralitas, karena TNI dan Polri bersifat netral, tegas Husein Hamidi saat ditanyai wartawan.

Sementara itu Irjen Pol Husein Hamidi juga mengatakan pengamanan pemilihan presiden (Pilpres) 2014, jajaran kepolisian daerah (Polda) Aceh akan melakukan pengamanan ekstra ketat di wilayah pesisir utara, dimana daerah tersebut dianggap rawan kriminalitas.

“Ada 3 wilayah yang kita lakukan penebalan, tapi yang memerlukan pengamanan ekstra ketat diwilayah pesisir utara, sehingga di lakukan penambalan kekuatan personel di wilayah tersebut oleh anggota TNI” sebutnya.

Husein juga mengatakan Pemetaan kekuatan pengamanan dan proses yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan pengamanan saat pileg 4 April 2014 lalu yaitu 2/3 dari kekuatan Polda Aceh diturunkan.

Dalam pengamanan pilpres tahun ini, jajaran polda mengerahkan 8.622 personel. Sementara untuk PAM TPS berjumlah 7.200 personel yang di tempatkan di seluruh TPS di Aceh. Selain mengerahkan 2/3 kekuatan personelnya, Polda Aceh juga akan melibatkan 2.100 TNI pada pilpres kali ini.

“Personel TNI juga akan kita libatkan, untuk mamback up sejumlah titik atau zona yang masih rawan kriminalitas,” katanya.(Red/Mdk)